ads

Lima Pilar Tata Kelola Berikut Kunci Kinerja Sekolah Bermutu

  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Tata kelola dan kepemimpinan menjadi kunci penting bagi sekolah Muhammadiyah maju dan kompetitif. Pelayanan pendidikan yang cepat dan tepat akan menjadikan sekolah Muhammadiyah pilihan masyarakat.

Tata kelola Sekolah Muhammadiyah ini banyak dipaparkan Dr Hidayatullah MSi, Rektor UMSIDA yang juga wakil ketua Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jama Timur, dalam Diklat Kepala Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Malang di UMM Inn, Sabtu (18/2) malam. Menurutnya, tata kelola yang baik menjadi prasyarat tercapainya mutu sekolah. Terlebih, katanya, di Jatim secara umum kualitas sekolah Muhammadiuah masih di bawah rata-rata, disebabkan tata kelola yang kurang baik.

“Tata kelola masih perlu diperkuat. Sekolah yang sudah bagus mutunya, rata-rata tata kelolanya sudah bagus. Tata kelola yang baik kuncinya ya kembali pada penguatan leadership,” kata Hidayatullah, sesaat sebelum menyampaikan materi diklat, Sabtu (18/2) malam.

Menurutnya, penguatan paradigma kepemimpinan memiliki lima pilar, yakni trust, keterbukaan, realsasi, sinergi, interdependensi (ketergantungan) dan empowering (pemberdayaan).

“Untuk mengembangkan sekolah, guru dengan kasek harus saling percaya dan tidak perlu ada hal-hal yang ditutupi karena bisa menimbulkan kecurigaan. Selanjutnya, tetap perlu saling sinergi dan memberdayakan,” imbuhnya.

Perlunya tata kelola yang baik ini, tambah Rektor, karena saat ini sekolah Muhammadiyah juga menghadapi tantangan lain yang serius, yakni perkembangan masyarakat yang begitu cepat untuk kalangan menengah atas. Menurutnya, masyarakat kelompok ini membutuhkan layanan akurat dan cepat. Orang tua yang sangat sibuk harus bisa direspon dan diantisipasi sekolah-sekolah Muhammadiyah.

“Sekolah Muhammadiyah mestinya memiliki sistem informasi manajemen terintegrasi,” demikian Hidayatullah. [min]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *