ads

Kuliah Umum LP3 UM, Mahasiswa Berkarakter Modal Sukses Masa Depan

Kuliah Umum LP3 UM, Mahasiswa Berkarakter Modal Sukses Masa Depan
  • Save

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pendidikan karakter masih harus banyak dikenalkan secara luas kepada semua kalangan. Setiap individu harus memiliki dan mengenali karakternya untuk sukses masa depan.

Penguatan karakter ini seperti disampaikan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM dalam acara Kuliah Umum, Senin (20/3). Kuliah tamu semester genap 2016/2017 ini menghadirkan pembicara dari dosen PLS FIP Dr. Umi Dayati, MPd dan dilaksanakan di Aula Utama Gedung A3 Lantai 2 UM. Kegiatan ini diikuti setidaknya 307 mahasiswa yang tersebar dari delapan fakultas kampus setempat.

Dalam kesempatan membuka kegiatan ini, Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Hariyono, MPd menyampaikan, bahwa pendidikan karakter sangatlah penting ditanamkan dalam diri agar mahasiswa dapat mengenali dirinya sendiri dan dapat menumbuhkembangkan karakter yang positif.

“Pada dasarnya watak setiap manusia dapat diubah, yang awalnya berwatak buruk masih dapat diusahakan untuk dirubah menjadi lebih baik. Cara yang dapat kita lakukan untuk merubah watak yang negatif adalah dengan melakukan sebuah refleksi atau proses mengenali diri sendiri secara lebih dalam,” terangnya.

Ditambahkan, kebiasaan sikap yang akhirnya berubah menjadi sebuah karakter dapat dipahami berasal dari takdir, konstruksi sosial, ataukah proses pembiasaan yang berjalan lama.

“Kita bisa membuat persepsi diri. Saya bukan yang dulu, saya adalah manusia baru yang memiliki karakter berbeda dengan kemarin, karena saya adalah calon pemimpin masa depan,” harapnya kepada mahasiswa yang hadir.

Lalu, seperti apa dan bagaimana karakter itu bisa dibentuk? Dr. Umi Dayati mengungkapkan, karakter seseorang dapat terbentuk melalui kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dan kondisi lingkungan sekitar. Menurutnya, lingkungan sangat menunjang terjadinya pmbentukan karakter dalam diri mahasiswa sendiri. Oleh karenanya, mahasiswa harus dapat mengenali lingkungan tempatnya bergaul, apakah lingkungan yang baik atau tidak.

“Karakter itu bisa dibangun, melalui kebiasaan. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan positif akan turut membantu pembentukan karakter untuk selalu berperilaku positif. Tentunya hal ini akan sangat mendukung bagi kesuksesan masa depan,” terang dosen yang juga seorang motivator kondang ini.

Umi Dayati juga berbagi kiat sukses di masa depan. Menurutnya, kita harus memiliki mimpi yang besar, mimpi itu perlu kita tuliskan. Dengan menulisnya, katanya, secara tidak langsung akan mengarahkan seluruh fokus usaha kita dalam mewujudkannya. [*/rul]

Foto: galeri.um.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *