Gagal Tambah Medali PON XX Papua, Kontingen Jatim Kembali Turun Peringkat

Klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021 (per 3/10/2021). Sumber foto: (KONI Jatim official IG)

inspirasicendekia.com, JAWA TIMUR – Kontingen Jawa Timur harus puas kembali tergeser peringkatnya di ajang PON XX Papua 2021 hari ini, Minggu (3/10/2018). Ini setelah atletnya tidak bisa menambah perolehan medali emas dari nomor cabor yang dipertandingkan.

 Perolehan medali sementara per 3 Oktober 2021, kontingen Jatim membukukan 11 medali emas, 16 perak, dan 12 perunggu. Artinya, hanya ada tambahan 4 medali perunggu yang berhasil disumbangkan atletnya.

Padahal, sebelumnya kontingen Jatim memastikan menyalip peringkat perolehan medali kontingen Jawa Barat, Sabtu (2/10/2021). Ini setelah Jatim mendapatkan tambahan lima medali dari sejumlah cabor.

Pada 1 Oktober 2021, tercatat tambahan medali berhasil diraih atlet Jatim, yakni 4 medali perak dan 1 medali perunggu.

Hingga hari ini, peringkat pemuncak klasemen masih diduduki kontingen DKI Jakarta, dengan perolehan 28 emas, 20 perak, dan 21 perunggu. Total poin untuk kontingen DKI adalah 69.

Disusul posisi runner up diduduki tuan rumah Papua, dengan 21 medali emas, 7 perak, dan 17 perunggu. Sementara, Jawa Barat kembali naik peringkat dan menggeser posisi klasemen Jatim, dengan mengoleksi 18 medali emas, 18 perak, dan 26 perunggu.

Dari rincian perolehan medali PON XX Papua kontingen Jatim, didapati medali emas sementara terbanyak disumbang dari cabor wushu, dengan perolehan 4 medali emas. Disusul perolehan cabor panjat tebing 3 emas, sepatu roda 2 emas, dan sepak takraw dan judo masing-masing 1 medali emas.

Cabor sepak takraw dobel putra mampu menumbuhkan semangat juara bagi kontingen Jatim pada ajang PON XX Papua 2021, dengan meraih medali emas pertama, Rabu (29/9/2021). Catatan medali emas ini setelah tim sepak takraw putra menyudahi perlawanan tim DKI Jakarta di partai final.

Medali emas pertama lainnya, digondol atlet Jawa Timur dari cabor bela diri. Yakni, dari cabor judo Kelas 45 Р48 kilogram putri. [*]

Sebarkan berita:

About Choirul Amin

Founder PT. Cendekia Creatindo

View all posts by Choirul Amin →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *