Dindik Minta CPNS Guru SD Mampu Kedepankan Karakter dan Jadi Pelopor

inspirasicendekia.com, MALANG – Setidaknya 540 CPNS di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengikuti pembinaan khusus di Aula Panji, Kantor Dinas Pendidikan setempat, Rabu (18/12). Kegiatan ini berupa Penguatan Pendidikan Karakter untuk Anak Sekolah Dasar.

Materi pembekalan Penguatan Pendidikan Karakter ini diberikan langsung Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan, Slamet Suyono. Kegiatan dibagi dua sesi selama lebih dari lima jam, dengan penguatan juga lebih banyak sharing pengalaman.

Menurutnya, dari pembekalan ini diharapkan para guru CPNS mendapatkan sharing pengalaman dan pemahaman baru, soal pembelajaran yang tidak didapatkan sebelumnya dari pendidikannya saat S1.

“Harapannya CPNS guru SD memiliki pengalaman dan ilmu baru, termasuk tentang bagaimana karakter, etika, atau mungkin kemampuan kesenian, yang memang harus banyak diterapkan pada anak-anak SD,” jelas Slamet Suyono, Rabu (18/12) sore.

Soal etika misalnya, Slamet Suyono juga berharap, para guru CPNS SD ini bisa mengedepankannya, dan bisa menempatkan diri. Meski, sebagai guru yang masih fresh (lulusan S1), kemampuan pedagogik mereka mungkin lebih baik dibanding guru senior.

“Etika ini misalnya tetap andap asor, dan menghormati guru yang lebih senior. Jangan merasa lebih, menganggap guru lain tidak lebih pinter (menguasai pedagogis),” imbuh mantan guru SDN 3 Poncokusumo yang diangkat 1992 silam ini.

Sebaliknya, lanjut Slamet, sebagai ASN baru yang masih muda, para guru CPNS SD ini diharapkan mampu menjadi pelopor bagi peningkatan mutu pendidikan dasar nantinya.

“Didapatkannya CPNS guru SD baru kami harap mampu menjadi pelopor yang bisa mendobrak tercapainya mutu pendidikan di SD. Ditempatkan di sekolah kecil dan pinggiran pun, CPNS pun harus bisa berbuat lebih untuk mendorong peningtakan mutu yang diharapkan,” tegas Slamet.

Ditambahkan, menjadi seorang ASN guru, CPNS harus juga siap menjunjung tinggi kode etik profesi guru. Diantaranya, kata Slamet, guru harus memiliki etika, sifat sabar, ikhlas, tidak sombong, tidak acuh tak acuh, dan telaten. [min]

Berita Terkait