Dilantik, Dewan Periode 2019-2024 Segera Bentuk Alat Kelengkapan

351

Inspirasicendekia.com, MALANG – Calon legislatif (caleg) terpilih yang sudah ditetapkan KPU Kabupaten Malang dilantik, Jum’at (30/8/2019) siang. Sejumlah 50 caleg ini resmi menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang masa bakti 2019-2024.

Prosesi rapat paripurna pelantikan ini digelar dengan pengambilan sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Kepanjen, Dr Sudar, SH MHum. Sebanyak 50 anggota DPRD baru berdiri berjajar tiga lajur mengucapkan sumpah janji, dipandu Ketua PN dan disaksikan Plt Bupati Malang serta pejabat Forkompinda dan undangan yang hadir.

Usai pengucapan sumpah janji, dilakukan penyematan pin anggota DPRD kepada dua perwakilan dewan, lalu diikuti pemakaian bersama-sama seluruh anggota.

Setelah resmi dikukuhkan, palu sidang paripurna kemudian diserahkan kepada pimpinan dewan sementara, yakni Didik Gatot Subroto (PDIP) dan Abdul Holik (PKB). Pimpinan dewan lalu melanjutkan sidang hingga penutupan.

“Setelah ini tentu harus difasilitasi rapat-rapat hingga terbentuk alat kelengkapan dewan yang baru, mulai fraksi hingga empat pimpinan dewan,” kata Didik Gatot Subroto, usai rapat paipurna, Jumat (30/8) sore.

Dikatakan, empat pimpinan dewan periode 2019-2024 ini menjadi jatah partai yang mendapatkan kursi terbanyak. Yakni, PDIP, PKB, Partai Golkar, dan NasDem.

“Kami akan segera berkirim surat ke empat partai ini untuk mengusulkan nama-namanya (calon pimpinan dewan). Tidak lama, maksimal dua minggu sudah terbentuk alat kelengkapan dewan baru,” tegasnya.

Anggota dewan terpilih ini kini memiliki komposisi sekitar separo wajah-wajah baru. Diantara 50 anggota DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024 ini, setidaknya 24 orang merupakan anggota yang sudah menjabat sebelumnya.

Anggota legislatif Kabupaten Malang periode ini paling banyak dari PDIP dan PKB, masing-masing sejumlah 12 kursi, disusul Partai Golkar (8 kursi), dan Partai NasDem (7 kursi).

“Ada tugas rutin dan tambahan yang harus diemban anggota dewan nantinya. Saya kira, anggota dewan yang baru masuk legislatif dan belum pengalaman, mestinya bisa segera menyesaikan,” kata Didik. [amn]


Beri Komentar
Berita Terkait