Ajukan BOSDA untuk Dikdas, Dindik Butuhkan Rp 164 Miliar

252

inspirasicendekia.com, MALANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mencanangkan bantuan melalui program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) SD/SMP. Jika direalisasi, dibutuhkan anggaran APBD setidaknya sebesar Rp 164 miliar untuk program ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang DR M Hidayat MM mengungkapkan adanya goodwill yang sangat baik dari pemerintah daerah untuk memajukan pendidikan.

“Diberikannya BOSDA melalui dana APBD menunjukkan goodwill luar biasa pemerintah daerah untuk peningkatan mutu pendidikan,” tegas M Hidayat.

Dikatakan, siswa SD sampai SMP akan mendapatkan bantuan sejumlah Rp 300 ribu persiswa. Bantuan ini, lanjutnya, bisa untuk membiayai kegiatan penunjang pembelajaran, bisa juga untuk mendukung kegiatan peningkatan mutu.

Dengan adanya BOSDA nantinya, Hidayat berharap bisa membantu memenuhi kebutuhan operasional di sekolah yang masih kurang. Anggaran sejumlah ini disesuaikan dengan jumlah peserta didik SD/MI se Kabupaten Malang.

Meski sudah mendapatkan bantuan pemerintah, menurut Hidayat tidak bisa serta merta membebaskan sekolah dari partisipasi atau sumbangan dari masyarakat.

“Pendidikan gratis tidak akan maju (berkualitas). Dalam Permendikbud 75/2016 sekolah tetap boleh menerima sumbangan atau bantuan partisipasi masyarakat. Tetapi, harus berasas tidak untuk peruntukan sendiri, tidak ada paksaan, dan dirumuskan bersama,” tegasnya. [min]


Beri Komentar
Berita Terkait