ads

Ajang FLS2N SMA Virtual, Pelajar SMAN 1 Turen Borong Lima Juara I

  • Save

MALANG – Prestasi membanggakan ditunjukkan pelajar dari SMAN 1 Turen Kabupaten Malang tahun ini. Di ajang Festival Lomba Seni siswa Nasional (FLS2N) SMA 2021, juara 1 berhasil diborong dari lima cabang yang dilombakan. 

Prestasi juara 1 dari kelima cabang lomba festival seni tersebut adalah tari kreasi, vokal solo putri, monolog, komik digital dan film pendek. Prestasi juara ini menempatkan SMAN 1 Turen sebagai juara umum FLS2N dari wilayah Cabang Dinas Kabupaten Malang. 

Capaian prestasi terbanyak berikutnya disusul dari pelajar SMAN 1 Lawang dan SMAN 1 Tumpang, yang mendapatkan juara 1 masing-masing dari dua cabang lomba. Yakni, cabang lomba disain poster dan gitar solo (SMAN 1 Lawang), dan cabang lomba gitar solo dan cipta lagu (SMAN 1 Tumpang).

Apa yang diraih SMAN 1 Turen dari ajang FLS2N SMA ini cukup membanggakan, mengingat apreasiasi bakat seni ini diikuti saat masa pandemi. 

“Waktu persiapan lomba sebenarnya tidak banyak. Tetapi, anak-anak memang sudah berbakat, jadi mudah ketika diarahkan saat latihannya,” kata Nofa Kristanti, salah satu guru pendamping FLS2N dari SMAN 1 Turen, Senin (12/7/2021).

Dikatakan, saat lomba yang paling berat kompetisinya adalah cabang menyanyi solo, dengan jumlah peserta paling banyak. Sementara, menurutnya yang sangat bagus pada karya dan penampilan adalah film pendek berjudul ‘Belenggu’, juga tari kreasi dan komik digital. 

“Pada tari banyak dikreasi sendiri gerakannya. Akan tetapi, tetap ada unsur kearifan lokal dari tari tradisional Remo yang ditampilkan. Peserta komik digital juga sangat berbakat menggambarnya,” ungkap guru yang juga pembina tari ini. 

Menurut Nofa, SMAN 1 Turen mengirimkan 12 peserta di ajang FLS2N SMA ini, dan yang mendapatkan juara 3 besar terbaik totalnya 8 cabang lomba. Kesemuanya juga tengah dilombakan di ajang serupa tingkat Jawa Timur. 

Ajang FLS2N SMA 2021 ini sendiri melombakan 11 cabang yang dibagi menjadi dua kategori lomba. Masing-masing kategori seni pertunjukan (6 cabang lomba), dan sisanya kategori peniptaan karya seni (5 cabang lomba). 

Karena dalam masa pandemi, festival lomba ini digelar secara daring, dan tim juri memberikan penilaian dari penampilan virtual tiap cabang lomba yang dikirimkan peserta.

FLS2N SMP, Materi Lomba Lebih Sulit 

Sebelumnya, ajang bakat dan keterampilan berkesenian FLS2N jenjang SMP di Kabupaten Malang, Sabtu (3/7/2021). Di ajang ini, semua peserta mencoba unjuk penampilan dan kemampuan kreatifnya.

 

Panitia FLS2N SMP Kabupaten Malang, Bagusworo mengungkapkan, antusias peserta FLS2N memang tak seperti pada beberapa tahun sebelum pandemi. Dan, ajang tahun ini juga beberapa materi yang dilombakan pada festival lebih sulit. 

Ada empat cabang seni yang dilombakan pada FLS2N SMP tahun ini. Yakni, menyanyi solo, disain poster, kreativitas tari, dan gitar duet. Bagusworo mencontohkan, gitar duet tahun ini berkembang dan lebih sulit, sebelumnya gitar solo yang hanya dimainkan seorang pemain. 

Dari hasil penjurian, tercatat pelajar SMPN 4 Kepanjen mendominasi peraih 3 besar juara lomba. Yakni, untuk lomba gitar duet dan menyanyi solo (masing-masing juara 1), serta kreasi tari dan disain poster (masing-masing juara 2).

Penampilan terbaik disusul peserta dari SMPN 1 Singosari, yakni pada lomba gitar duet (juara 2) dan poster (juara 3). Sedangkan, masing-masing juara 1 diraih peserta lain dari SMPN 1 Kepanjen untuk lomba kreativitas seni, dan SMPN 1 Tajinan dari cabang lomba poster. [rul]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *