Tiga Kelas Industri Dibuka, Ratusan Siswa SMKN 1 Turen Bersaing Seleksi

inspirasicendekia.com, MALANG – Tiga kelas khusus yang bekerja sama dengan sejumlah mitra dunia usaha/industri dibuka di SMKN 1 Turen tahun ini. Seleksi peserta Kelas Industri ini telah digelar bersamaan di SMKN 1 Turen, Senin (6/7/2020).

Tiga Kelas Industri SMKN 1 Turen ini didukung langsung mitra perusahaan PT Alfamart untuk kompetensi Bisnis Daring Pemasaran (BDP), Tata Boga dan Jasa Perhotelan.

Seleksi Kelas Alfamart misalnya, diikuti setidaknya 108 peserta, yang merupakan siswa kelas X program keahlian pemasaran. Rangkaian tes yang harus diikuti tes fisik, tulis, psikotes dan wawancara.

“Kelas industri Alfamart ini yang dibuka tahun ini adalah angkatan ke-6. Peserta dari tiga rombel akan dijaring terbaik sejumlah 36 siswa untuk satu kelas. Seleksinya dilakukan dalam tiga gelombang dengan protokol cegah covid-19,” kata kaprog BDP SMKN 1 Turen, Leli Qodriyah.

Perwakilan pihak Alfamart, Novita Riskiwati mengungkapkan, selama ini output lulusan Kelas Alfamart dari SMKN 1 Turen bisa dikategorikan cukup memuaskan.

“Empat periode lulusan program Alfamart Class ini bisa terekrut langsung bekerja di Alfamart. Ya, sekitar 70 sampai 75 persen langsung bekerja di gerai-gerai yang ada. Kalaupun tidak, karena melanjutkan kuliah atau pilihan sendiri untuk tidak meneruskan bergabung kerja,” kata Novita.

Seleksi kelas industri tata boga digelar bekerja sama dengan pihak My Kopi ‘O Group, yang berpusat di Surabaya. Tak hanya penilaian langsung, juga dilakukan sesi wawancara virtual oleh pihak manajer dengan calon peserta melalui aplikasi zoom meeting.

Sementara, sejumlah tiga kelas siswa kompetensi perhotelan juga mengikuti seleksi kelas industri perhotelan. Seleksi ini ditangani langsung tim asesor dari manajemen Ijen Suites sebagai pendukung.

Bambang Irawan, Room Division Manager Ijen Suites Hotel mengungkapkan, banyak didapati motivasi calon siswa kelas perhotelan yang diwawancarainya.

“Yang paling penting adalah komitmen calon siswa, salah satunya jujur dan kemauan. Kalau soal kompetensi, bisa dibentuk dan diperkuat selama menjadi binaan kami,” tegas Bambang.

Bagi pihak Ijen Suites, lanjutnya, komitmen menjadi dasar utama, termasuk pihak SMKN 1 dengan kami. Menurut Bambang, selama dua tahun terakhir ditempati untuk prakerin siswa SMKN ini, sudah cukup meyakinkan pihaknya mendukung penuh Kelas Perhotelan nantinya.

“Kelas Perhotelan di sini nantinya masih tahun pertama. Dengan komitmen bersama, kami siap membantu membentuk level staf yang profesional, andal dan bisa diterima di pasar (kerja jasa perhotelan),” pungkasnya. [amn/malangpostonline.com]

Berita Terkait