Gelar Coaching Clinic, Akademi Widya Darma Hadirkan Coach Profesional

inspirasicendekia.com, MALANG – Puluhan peserta mengikuti kursus kepelatihan yang digelar Akademi Sepak Bola Widya Darma di Turen, Kabupaten Malang, Sabtu (7/3). Pelatih profesional berlisensi AFC dihadirkan dalam coaching clinic ini.

Peserta kepelatihan yang merupakan guru dan pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) ini banyak menyerap ilmu kepelatihan yang diberikan Agus Yuwono, pelatih yang sudah malang melintang menukangi klub liga profesional di Indonesia.

“Ya, yang diberikan saat materi adalah hal-hal fundamental dan organisasi, karena yang ditangani adalah sepak bola usia dini. Keduanya sangat penting diketahui pelatih,” demikian Agus Yuwono, di sela memberikan coaching, Sabtu (7/3) siang.

Ia lalu menjelaskan, bahwa materi dan porsi pelatihan sepak bola bagi usia dini perlu memperhatikan aspek fisik juga psikologis anak.

“Melatih anak usia dini itu tetap harus dalam suasana bermain dan gembira. Pelatih juga harus memperhatikan berapa lama harus berlatih, dan kapan waktu istirahat pemain,” urainya.

Namun begitu, lanjut Agus Yuwono, mengasah potensi dan kemampuan atlet juga bisa dimaksimalkan seiring usianya. Menurutnya, semua harus diberikan dengan metode kepelatihan tepat dan proporsional.

“Mencetak calon pepakbola andal harus disesuaikan usianya. Jangan sampai atlet mengalami penurunan fisik dan kemampuan di saat masa peak performance, karena latihan yang berlebihan,” tandas Agus Yuwono. [min]

Berita Terkait