Bekali Mental Kesiapan dan Sukses UN, SMAN 1 Kepanjen Doa Bersama

inspirasicendekia.com, MALANG – Ribuan pelajar SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang tampak khidmat melantunkan doa bersama di lapangan outdoor SMAN stempat, Sabtu (29/2) pagi. Doa bersama ini dimunajatkan untuk mengantarkan keberhasilan siswa-siswi kelas XII yang bakal menjalani ujian nasional mendatang.

Doa bersama ini dipandu langsung sesepuh Majelis Dizkir Al Khidmah, yang juga diikuti jamaahnya. Mengenakan baju muslim serba putih sambil duduk di lantai lapangan, jamaah beserta pelajar dan guru SMAN 1 Kepanjen berbaur berzikir kalimat-kalimat Allah SWT selama istighatsah.

Selain doa bersama, juga dilantunkan bacaan salawat maulidurrasul Muhammad SAW. Kegiatan dipungkasi dengan penyampaian pesan-pesan kebaikan oleh Prof DR Ir Ali Agus, DAA, ASEAN Eng. Gus Ali juga memimpin langsung doa khusus bagi kesuksesan siswa dan keberkahan SMAN 1 Kepanjen dalam melayani pendidikan anak didiknya.

Dalam tausiyahnya, Gus Ali menyampaikan beberapa hal agar sukses bisa diraih siswa-siswi Smaneka. Menurutnya, doa orang tua dan ikhtiar semangat belajar sangat utama, juga biasa berkumpul dengan orang-orang baik.

Pria yang juga Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta juga memberikan 7 (tujuh) prinsip dalam ‘Sapta Pesona’ yang harus dipegang teguh bersama. Yakni, kejujuran, disiplin, tanggung jawab, semangat, berfikir kritis, sopa santun dan bekarya nyata.

Ketua Komite SMAN 1 Kepanjen, Wahyu Widayanti menyatakan, pihaknya tentu sangat mendukung kegiatan istighatsah yang rutin dilakukan oleh Smaneka. Terlebih, doa bersama ini juga mengiringi seluruh siswa, khususnya kelas XII, agar senantiasa diberi kemudahan dan sukses menjalani semua kegiatan ujian akhir yang harus dilalui.

“Harapan kami, semua anak didik bisa menjadi generasi milenial kreatif, smart dan berakhlaqul karimah, hingga tercapai apa yang dicita-citakan. Masa depan menanti karya nyata alumni Smaneka yang bisa membanggakan semua,” demikian perempuan yang juga menjadi wali siswa ini.

Didin, salah satu siswa SMAN 1 Kepanjen mengaku berkesan mengikuti acara doa bersama ini.

“Alhamdulillah, istighatsah tadi sangat bermanfaat. Kita jadi yakin, tidak boleh meremehkan kekuatan doa. Semoga di tahun depan, Smaneka tambah maju dan menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya. [rul]

Berita Terkait