Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol, dari Sorot Senter hingga Jalan Tergerus Banjir

Inspirasicendekia.com, MALANG – Kondisi geografis di wilayah pedalaman sepertinya sudah akrab dialami petugas verifikasi faktual KPU Kabupaten Malang. Menempuh akses jalan sulit, bahkan beresiko, pun menjadi hal biasa bagi mereka.

Kamis (4/12) siang ini misalnya, kegiatan verifikasi faktual (verfak) keanggotaan partai politik tetap dilakukan tim KPU Kabupaten Malang, meski cuaca sedang tidak bersahabat. Ditengah cuaca hujan lebat dan berangin, ditambah aliran listrik sedang padam, verfak dilakukan di wilayah Wajak.

Verifikasi faktual keanggotaan parpol Partai Berkarya di Desa Sukolilo kecamatan Wajak ini dilakukan dalam kondisi penerangan seadanya, karena aliran listrik padam. Sasarannya verfak adalah Yartono, warga setempat.

“Sudah menjadi tugas kami membantu sepenuhnya proses verifikasi ini. Sebagai bagian dari KPU Kabupaten Malang, PPK Wajak siap bertugas dalam kondisi bagaimanapun”, tegas Ahmad Syaiful Kurniawan.

Dikatakan, berbagi cara dilakukan demi tercapainya target verifikasi faktual ini agar berjalan dengan lancar, sehingga pelayanan terhadap warga yang terpenuhi. Dalam menjalankan kegiatan ini ada tim KPU Kabupaten malang, juga didampingi Panwas, PPS Desa Sukolilo serta aparatur pemerintah Desa Sukolilo.

Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol, dari Sorot Senter hingga Jalan Tergerus BanjirKegiatan serupa juga dilakukan tim verfak yang dipimpin langsung ketua KPU Kabupaten Malang Santoko ke wilayah kecamatan Ampelgading. Kondisi hujan lebat juga terjadi di wilayah paling ujung selatan Kabupaten Malang ini.

“Tugas tetaplah tugas. Harus dilaksanakan dan tuntas. Itulah semangat yang harus dikedepankan oleh petugas verifikasi faktual keanggotaan parpol di KPU Kabupaten Malang,” kata Santoko, Kamis (4/1) siang.

Namun, kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan verfak keanggotaan parpol dialami tim KPU di wilayah kecamatan Poncokusumo. Hujan deras yang menyebabkan dan longsor menutupi akses jalan desa yang akan dilalui, menjadikan tim membatalkan kegiatan verifikasi.

Darwin, petugas verfak KPU kabupaten Malang mengatakan, timnya sebenarnya sudah mau berangkat dari kantor KPU di Kepanjen. Namun, setelah dikabari pihak PPK Poncokusumo terjadi longsor akibat hujan deras siang ini, maka ia memutuskan balik kanan. (min)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.