Uji Serifikasi 11 Program Keahlian, SMK Mutu Gelar Penyaksian Asesor BNSP

0 330

Inspirasicendekia.com, MALANG – Mengawali ujian praktik kejuruan tahun ini, SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang menerapkan uji sertifikasi bagi siswa. Pekan ujian ini dilakukan dengan witness (penyaksian) uji terlebih dahulu oleh asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Jum’at (2/11) pagi.

Penyaksian oleh BNSP ini dilakukan dengan penyerahan SK Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-1) kepada 11 (sebelas) program keahlian. Penyerahan SK ini juga disaksikan langsung oleh semua siswa dan guru SMK Mutu saat apel pagi di lapangan sekolah setempat.

“Penyaksian (oleh BNSP) ini harus dilakukan bersamaan dengan penyerahan SK Lisensi LSP-1 di SMK Muhammadiyah 7. Semua temuan nanti dikumpulkan terkait kesiapan sebelum bisa melaksanakan uji sertifikasi, dan dalam waktu maksimal sebulan harus ada perbaikan,” terang M Zubair, anggota BNSP di sela penyaksiannya, Jumat (2/11) siang.

Ditegaskan, diantara unsur-unsur pensyaratan dalam penyaksian LSP-1 SMK Mutu sudah memenuhi syarat. Terutama, terkait sarpras TUK yang cukup mendukung serta skema SKKNI yang harus diterapkan.

“Setelah penyerahan sertifikat LSP, nantinya bisa menjadi TUK dan menggelar uji sertifikasi. Karena masih baru (didirikan), LSP-1 di SMK Mutu ini memang tetap perlu ada ditingkatkan,” imbuhnya.

Penyaksian oleh tim BNSP dilakukan mulai pukul 08.30 WIB. Tim BNSP mengunjungi setiap laboratorium dan bengkel masing-masing dari 11 program keahlian yang menjadi TUK.

SMK Muhammadiyah 7 sendiri memiliki 13 program keahlian, namun masih ada dua progli yang tidak uji sertifikasi karena belum ada skema ujinya. Meski masih mengawali tahun pertama, uji sertifikasi ini nantinya bisa diikuti siswa-siswi kelas XII dari 11 program keahlian. Total pesertanya setidaknya 590 siswa.

Kabag Kerja sama Kelembagaan Sertifikasi BNSP Beni Hardiansyah mengungkapkan, penyaksian yang dilakukannya adalah untuk mamastikan kesiapan kelembagaan LSP-1 sebelum melaksanakan uji sertifikasi nantinya.

“Skema uji khusus program perbankan dan alat berat belum ada kualifikasi SKKNI level 2 yang ditetapkan BNSP dan PSMK Kemdikbud,” terang asesor lisensi BNSP ini. [rul]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.