Beranda LITERASI Tetap Kreatif dan Produktif dengan Internet

Tetap Kreatif dan Produktif dengan Internet

242
0
BERBAGI

make-money-onlineSejak teknologi informasi berbasis internet dikenalkan kepada publik, apapun menjadi mudah dan cepat didapat tanpa kita harus beranjak jauh dari rumah atau tempat duduk di mana pun. internet bisa menyajikan dengan instant informasi dari belahan dunia manapun. Dengan fasilitas browsing dan unduh (download) yang ada, kita bisa dapatkan gambar, data, dan wawasan apapun yang diinginkan.

Namun, kecanggihan teknologi informasi internet sejatinya bisa memberi kita lebih dari semua itu. internet bisa dimanfaatkan untuk berkreasi, menjadi sarana kerja, hingga membangun sebuah komunitas atau peradaban baru.

Anda yang merasa diri sebagai netizen (pengguna aktif internet), tentunya akan sayang jika menghabiskan waktu berlama-lama dengan internet hanya sebagai pemakai (konsumen) semata. Karena, internet dan berbagai aplikasinya bisa dimanfaatkan secara lebih produktif dan kreatif.

Banyak kesuksesan besar terlahir dari kebiasaan bergelut dengan internet. Berikut beberapa kisah sukses yang dijalankan dan diraih dari penggunaan internet secara kreatif dan produktif.

Bisnis Online, Cara Hasilkan Puluhan Juta tanpa Modal. Bisnis online mulai menjamur sejak beberapa tahun terakhir setelah internet banyak digunakan secara luas dan bebas. Siapapun bisa menjadi pebisnis online, menjalankan usaha tanpa kantor atau rumah produksi, dan tidak harus memasarkan produk dan jasanya door-to-door.

Simak saja kisah Andik Firmansyah, guru MTsN Malang III yang nyambi jualan online buku-buku langka melalui internet. Ada juga pemilik akun facebook pasarmurah, Buku Langka, atau Sewa Buku, yang rutin menjajakan dagangan buku-baku baru kepada khalayak melalui akunnya. Belum lagi, jasa penjualan distro, kuliner, baju wanita, hingga kebutuhan anak-anak, banyak dijumpai dipasarkan dan dijual secara online.

Ada juga kisah Freelance Writer, yang Menjadi Penulis Portal dan Digimag. Banyak netizen yang suka posting tulisan yang sejatinya merupakan ungkapan dan catatan atas apapun yang dialami dan ditemui. Bisa juga tentang impresi terhadap obyek atau pesona yang dialami.

Nah, bagi pengelola portal atau pun perusahaan yang berbasis sosial media, kemampuan tulisan seperti ini dimanfaatkan sebagai sumber informasi yang akan mereka unggah untuk bisa dibaca semua orang. Dengan kata lain, kreativitas menulis di sosial media, bisa menjadi peluang kerja yang akan menambah nilai tawar pemiliknya.

Tengok saja, buletin digital Gaulislam dengan akun Tag Osolihin, yang sudah eksis dikelola hingga delapan tahun. Saat ini, buletin yang banyak dipublikasikan lewat share facebook ini telah dibuat hingga edisi 407. Tulisan-tulisan pemilik akun tag ini banyak menyinggung persoalan remaja dengan bahasa gaul yang banyak berisi motivasi dan pencerahan Islam.

Hal serupa bisa ditemui pada akun Facebook Fahriye.com. Dalam akun yang dikelola Ruris Arizal W. (40) ini banyak berisi siar Islam berkemasan motivasi. Awalnya, akun ini hanya berisi update status kata-kata bijak yang dikutip dari Hadist dan terjemahan potongan ayat-ayat dalam Alquran dan pembahasan yang terkadang agak ilmiah. Ternyata, ini kerap mengundang ketertarikan dan minat facebooker lain. Bahkan sampai terjadi dialog lintas agama dengan pemilik akun non-muslim.

Suatu ketika, tulsan tentang kemuliaan Nabi Muhammad SAW mendapatkan 2.000 like sepekan,. Rata-rata, ada 2-3 tulisan sehari berisi materi motivasi sarat makna religi. Setiap tulisan dalam fachriye.com. mendapatkan komentar 30 persen dari pembaca. Interaksi terjadi dengan facebooker se Indonesia, bahkan dengan pemilik akun dari Malaysia, Turki dan India.

Penulis akun ini sendiri sehari-hari menjalani wirausaha jualan jamu herbal toko jamu di Pasar Besar Kepanjen. Namun, lulusan Fakultas Teknik Elektronika dan Fakultas Tarbiyah dan Pondok Moderen Darusaalam Gontor ini mengaku suka menulis di blog sejak 2005 silam. Ia memang berdakwah intens setahun terakhir dan bertekad terus disela-sela waktu luang usai kerja bukan dari mimbar, melainkan dari akun FB yang dikelolanya.

So, sudahkah kita bisa memanfaatkan internet dengan produktif dan kreatif ?? (*)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here