Beranda KILAS Terwadahi Asosiasi, Pelaku UMKM akan Lebih Diperhatikan

Terwadahi Asosiasi, Pelaku UMKM akan Lebih Diperhatikan

384
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Para pelaku usaha mikro dan kecil menengah nantinya akan semakin mendapatkan perhatian terkait usaha yang digelutinya. Salah satunya, kemudahan akses bantuan permodalan dari pihak jasa keuangan untuk pengelolaan dan pengembangan usaha.

Harapan dan peluang ini seiring dibentuknya Assosiasi Industri Usaha Mikro dan Kecil Menengah Indonesia Akumandiri Kabupaten Malang yang telah diresmikan, Rabu (5/4) kemarin. Peresmian ini dilangsungkan bertempat di balai pertemuan milik Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang di Jl Raya karangduren, Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Banyak para pelaku usaha mikro dan kecil menengah saat ini sulit sekali mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah, misalkan tentang legalitas, dana KUR dan juga pembinaan untuk mengembangkan usahanya. Karena itu, kami dari Akumandiri berusaha untuk mewadahi seluruh pelaku usaha di Malang Raya,” ketua umum DPP Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri, Hermawati Setyorinny, kepada inspirasicendikia.com, di sela kegiatan pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri tersebut, Rabu (5/4).

Dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri ini, dihadiri pengurus wilayah Malang Raya yang mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Yang menjadi ketua DPD wilayah Malang Raya yaitu ibu Ninik Ayundari dari dinas Ketahanan Pangan Kab. Malang.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewujudkan kebijakan pembangunan koperasi dan pengusaha di Indonesia, dalam memberikan kepastian berusaha yang adil bagi pengusaha IUM-KM dalam pembangunan Indonesia.

Terpisah, ketua DPD Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri Nanik menyampaikan, bahwa di wilayah Malang saat ini sudah banyak pengusaha yang hadir untuk menjadi anggota. Tercatat, jumlahnya sebanyak 577 pelaku usaha. Rinciannya, lanjut Nanik, sebesar 80 persen dari Kabupaten Malang, 13 persen Kota Malang dan 3 persen dari Kota Batu.

“Bentuk keseriusan dari Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri ini diantaranya memberikan pelatihan bagi anggota yang hadir dengan mendatangkan salah satu pemateri dari Bank Artha Mandiri, yang sekaligus nantinya sebagai penyedia dana KUR,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, anggota juga mendapatkan Sertifikat keanggotaan Assosiasi IUMKM Indonesia Akumandiri. [irf/rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here