Beranda KILAS Terkait Oknum Pembocor Soal USBN, Begini Sikap Mendikbud

Terkait Oknum Pembocor Soal USBN, Begini Sikap Mendikbud

175
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Adanya laporan isu yang beredar bahwa naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) telah bocor ditanggapi dengan tegas Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Ia menegaskan akan memberi sanksi yang tegas kepada oknum guru yang membocorkan soal USBN tersebut.

Saat menghadiri Uji Publik RUU Perbukuan di Universitas Muhammadiyah Malang, Rabu (22/3) lalu, Muhajir Effendy menyampaikan akan memberikan pelajaran yang membuat jera oknum pelakunya.

“Ini penting untuk membangun karakter bangsa sejak dini. Saya berkeyakinan kalau ingin basmi koruptor itu harus dimulai dari guru yang tidak jujur,” ujar Mendikbud dalam keterangannya pada awak media, Rabu (22/3).

Muhadjir juga menegaskan pihaknya saat ini tengah mengkaji sejumlah aturan yang berpotensi membuat ketidakjujuran guru.

“Akan banyak kebijakan yang berkaitan dengan guru yang akan saya rombak yang mengarah kepada membuat guru agar menjadi penggerak kejujuran,” tuturnya.

Dalam hal pembuatan soal USBN, jelasnya, guru telah diberi kepercayaan untuk menyusun sendiri soal. Hal ini dikarenakan bahwa guru yang paling tahu kondisi siswanya. Selain itu salah satu tugas utama guru adalah melakukan evaluasi. Sedangkan tugas Kemendikbud adalah memberikan kisi-kisi dan 20 persen soal saja. [luq/min]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here