Beranda HEADLINE NEWS Terbaik, Karya Literasi Pelajar SMP Bakal Diapresiasi

Terbaik, Karya Literasi Pelajar SMP Bakal Diapresiasi

116
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Jambore Bahasa Indonesia (JBI) antar-SMP se Kabupaten Malang yang digelar selama 28-29 Oktober 2017 lalu terbilang sukses. Dari ajang ini, didapati para pelajar SMP yang mampu menghasilkan karya dan menunjukkan bakat kebahasaan dan kesusasteraan yang layak diapresiasi.

“Kami bangga karena para peserta jambore semuanya hebat-hebat. Di luar dugaan, hanya dengan pembekalan pada malam hari yang berlangsung beberapa waktu, namun mereka bisa berkarya dan menampilkan kemampuan terbaik masing-masing,” terang ketua pelaksana Jambore Bahasa Indonesia 2017, Suwardoyo MPd, MMPd.

Dikatakan, dikemas dalam acara jambore sebenarnya misinya mempertemukan para pelajar berbakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia ini. Namun, lanjutnya, lebih dari itu melihat karya anak layak ditindaklanjuti dan diapresiasi lebih mendatang.

“Yang mendapat penghargaan terbaik kelompok dalam tiap bidang lomba nantinya akan diambil terbaik perorangan untuk festival tingkat provinsi Jawa Timur (FLS2N) pada Maret 2018 mendatang,” imbuh ketua MGMP Bahasa Indonesia SMPN Kabupaten Malang ini.

Suwardoyo menambahkan, untuk karya cerpen dan puisi misalnya, nantinya melalui lomba literasi diharapkan karya anak dan guru bisa dipublikasikan untuk setidaknya koleksi perpustakaan sekolah masing-masing untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Menurutnya, tindak lanjut jambore ini salah satunya produk atau karya siswa akan didokumentasikan dan akan ada lomba khusus sekolah tergiat literasi yang akan disponsori pihak UM.

Acara JBI SMP Kabupaten Malang ini diikuti ratusan peserta dari 69 lembaga SMPN dan dari 10 lembaga SMP swasta. Peserta terbaik diantaranya juara 1 Kelompok Literasi yang diraih siswa dari
SMPN 1 Gondanglegi, SMP Islam Druju, SMPN 3 dan 4 Kepanjen dan SMPN 1 Wososari. Sementara, untuk kelompok cerpen, juara 1 diantaranya diraih Olandina, siswi yang masih kelas 7I SMPN 1 Turen.

Peserta terbaik penampil mendongeng diantaranya diraih Rosi Dwi Anggraeni (SMPN 1 Pujon) dan Nanda Oslifatul Jannah (SMPN 5 Kepanjen). Penampil terbaik lainnya bidang lomba ini adalah dari SMPN 1 Poncokusumo, SMPN 2 Tumpang, dan SMPN 1 Ampelgading. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here