Beranda SEKOLAHKU Sukses Adu Kreatif di Singapore, Tim Robotic SMK Mutu Raih Tiket ke AJR...

Sukses Adu Kreatif di Singapore, Tim Robotic SMK Mutu Raih Tiket ke AJR Australia

128
0
BERBAGI

KARYA ekskul robot M-Turbo SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi kembali sukses dalam kompetisi internasional. Pada kejuaraan bergengsi Asian Youth Robot Olympiad (AYRO) di Singapura pada 16 Desember 2017 lalu, tim robotik SMK Mutu naik podium juara.

Dua medali sekaligus diraih pada ajang International Robotic Competition kali ini. Yakni, excellent medal kategori creative robotic dan bronze medal pada kategori theater robotic. Tim M-Turbo SMK Mutu Gondanglegi beranggotakan Jimly Adam Ahmad dan Dava Ananda Rizki.

Selain mendapat medali, sertifikat, dan voucher senilai 250 USD, dengan prestasi juara robotik ini tim M-Turbo SMK Mutu berhak maju ke AJR (Asian Junior Robotic) yang akan diselenggarakan di Australia tahun 2018 mendatang.

“Mengusung tema ‘Robot Help People’ kreator robotik ini beradu kreatif dengan 600 peserta se-Asian,” demikian Jimly Ahmad, siswa kelas XI jurusan Ototronik SMK Mutu ini.

Pada kategori theater robotic, katanya, selain tema harus menarik, performance, electrical, jenis mikro controller, bahkan seni pementasan pun masuk dalam kriteria penilaian. Sedangkan untuk kategori kreatif robot, lanjut Jimly, timnya membuat robot pendeteksi pencurian di Bank. Robot pintar ini dilengkapi dengan mikro kontroler, sensor, infrared, sensor gerakan dan suara.

Martono ST, pembimbing M-Turbo menyatakan, hasil dari AYRO Singapore merupakan prestasi juara robotik yang ke-12. Namun, katanya, sebenarnya hasil kali ini belum maksimal, dan masih perlu ditingkatkan baik dengan porsi latihan maupun daya kreativitas guna menghadapi kejuaraan robot selanjutnya.

Dikatakan, ekskul robotik diberikan kepada siswa SMK Mutu sejak 2012 lau. Latihan dilakukan sekali sepekan, dengan simulasi dan pemrograman. Latihan dengan tryout mengikuti pertandingan lokal. Sementara simulasi dikemas seperti kondisi lomba dan memprediksi tantangan baru. [fa/rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here