Soal Janji Angkat Honorer, Ini Jawaban Mendikbud

0 1.152

Inspirasicendekia.com, MALANG – Isu janji Presiden Joko Widodo tentang bakal diangkatnya semua pegawai honorer ditanggapi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhajir Effendy, Senin (4/2/2019). Mendikbud memastikan pemerintah bakal merekrut honorer sebagai pegawai pemerintah secara bertahap.

“Tidak ada itu (janji Jokowi angkat honorer menjadi ASN). Kita pokoknya pemerintah Kabinet Kerja ini merencanakan masalah honorer selesai hingga 2023. Tentunya dengan asumsi pemerintahan ini berlanjut. Itu saja,” tegas Mendikbud di sela acara peresmian di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang, Senin (4/2) siang.

Ditegaskan, rencana pemerintah ini melalui dua jalur rekrutmen. Yakni, sebagai calon PNS dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

“Dikarenakan honorer banyak yang berusia di atas 35 tahun, maka jalur PPPK yang lebih tepat untuk mengangkat honorer,” jelas Muhajir Effendy.

Mendikbud mengungkapkan, tahun 2018 lalu telah diselesaikan sejumlah 117 honorer, yang sebagian besar adalah guru. Sedangkan, tahun ini direncanakan akan merekrut lagi ratusan ribu honorer dari jalur PPPK ini.

“Informasi yang kami terima dari MenPAN-RB akan direkrut sejumlah 159 ribu honorer, sebagian besar guru, pada akhir Februari ini. Mereka adalah honorer K2 (Kategori 2),” tegasnya.

Bagaimana dengan nasib honorer non-kategori 2. Muhajir Effendy menegaskan, mereka masih punya kesempatan diangkat pemerintah secara bertahap. Honorer yang tidak bisa mengikuti dua jalur rekrutmen ini, lanjutnya, nantinya tetap bisa terangkat dan dibiayai dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

“Gajinya dari Dana Alokasi Umum sesuai UMR masing-masing daerah. Namun, jika APBD pemerintah daerah kuat (mencukupi), besaran gajinya bisa ditambah. Sehingga, nantinya tidak lagi diambilkan dari dana BOS,” tegas Mendikbud.

Dengan kebijakan yang sudah direncanakan pemerintah ini, Mendikbud berharap pihak sekolah tidak lagi mengangkat honorer baru sehingga menambah jumlah yang sudah ada. [amn]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.