SMPN 5 Kepanjen Jadi Sasaran Advokasi P4GN

Kabupaten Malang mendapatkan kepercayaan masuk dalam lima besar hasil seleksi Aksi Sekolah Bersih Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur tahun ini. Tepatnya, kepercayaan ini diberikan kepada SMP Negeri 5 Kepanjen. Atas penghargaan ini, SMPN 5 menjadi sasaran Advokasi Penyusunan Kebijakan P4GN bagi lingkungan sekolah yang diberikan BNN Jatim.

Kegiatan advokasi penyusunan P4GN ini dilaksanakan selama dua hari ini, Senin-Selasa (7-8/12/2015). Hari pertama, Senin (7/12/2015), advokasi diberikan kepada pihak pemkab Malang, bersamaan dengan pihak SKPD terkait, termasuk Polres dan LSM anti narkoba. Dalam kegiatan yang dilangsungkan di aula Panji Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, materi sosialisasi dan advokasi yang diberikan diantaranya tentang implementasi Inpres No 12 tahun 2011 tentang Pelaksanaan Kebijakan dan Strategi Nasional P4GN, penyampaian bahaya narkoba dan UU No 35 Tahun 2009 serta PP 25 Tahun 2011 tentang Wajib Lapor. Dalam kegiatan hari itu, peserta diberi kesempatan melakukan diskusi dalam sesi Focus Group Discussion terkait implementasi Inpres No 12/2011 tersebut.

Sedangkan, di hari kedua Selasa (8/12/2015), advokasi P4GN diberikan secara terbatas kepada perwakilan sekolah di Kabupaten Malang. Beberapa materi yang diberikan kepada peserta adalah Pergub no 74 Tahun 2015, kebijakan kurikulum integrasi P4GN prov Jatim.

Advokasi ini diberikan sebagai langkah awal dimasukkannya kurikulum anti narkoba dan bagaimana penerepannya dalam pembelajaran di sekolah, khususnya jenjang SLTP dan SLTA.
Pada hari ini, tim Evaluasi Aksi Sekolah Bersih Narkoba sekaligus melakukan pantauan lapangan dan melakukan penilaian di SMPN 5 Kepanjen sebagai salah satu nominator sekolah Sekolah Bebas Narkoba. Di Jawa Timur, SMPN 5 Kepanjen sendiri masuk lima besar kategori Aksi Sekolah Bersih Narkoba untuk jenjang SMP/MTs yang mewakili Kabupaten Malang. Sekolah lain yang mendapatkan peringkat lima besar penilaian ini adalah SMAN 5 Kota Malang untuk jenjang SMA/SMK.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan Kepala BNN Jawa Timur Sukirman, Pihak Tim Evaluasi dari BNN Jatim mengharuskan SMPN 5 untuk menampilkan publikasi dan informasi P4GN melalui penampilan seni budaya atau edutainment dan yel-yel anti narkoba pada saat acara puncak Aksi Sekolah Bersih Narkoba yang akan dilangsungkan di Kota Surabaya, 23 Desember 2015 mendatang.

Pewarta: Choirul Ameen

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.