Beranda HEADLINE NEWS Sistem Zona Dua Jalur, Jumlah Pendaftar SMAN Masih Timpang

Sistem Zona Dua Jalur, Jumlah Pendaftar SMAN Masih Timpang

70
0
BERBAGI
Sistem Zona Dua Jalur, Jumlah Pendaftar SMAN Masih Timpang
ads_inspirasicendekia

inspirasicendekia.com, MALANG – Ketimpangan jumlah peminat calon siswa dalam pendaftaran peserta didik baru (PPDB) antar SMAN tetap terjadi tahun ini. Meski sudah diatur dengan sistem zona dan dua jalur, sejumlah sekolah masih kesulitan mendapatkan pendaftar sesuai pagu rombel masing-masing.

Setidaknya, ini dialami sejumlah sekolah di Kabupaten Malang yang berada di pinggiran atau yang berada di populasi sekolah jenjang SMA/SMK yang padat. Hingga hari pendaftaran ketiga sejak dibuka 12 Juni 2017 lalu, jumlah pendaftar yang minat menjadi siswa baru di sejumlah ini pun masih kurang banyak dibanding pagu.

Di SMAN 1 Pagak misalnya, hingga hari ini, Rabu (14/6), jumlah pendaftar jalur offline masih 160 orang dari jumlah pagu siswa baru 224 orang. Sementara, masa pendaftaran PPDB jalur offline terakhir tersisa satu hari besok.

Kondisi ini pun sempat membuat khawatir pihak SMAN setempat. Kepala SMAN 1 Pagak, Sigit Umbar Pramono MPd mengungkapkan, pada hari pertama pendaftaran, jumlah pendaftar jalur online dan sudah mendapatkan token atau personal identification number (PIN) sekitar 154 siswa. Sedangkan, pendaftar offline hingga hari ketiga berjumlah 160 siswa.

“SMAN 1 Pagak pendaftar offline masih 160-an. Padahal besok pendaftaran terakhir. Jalur online hanya mengambil token saja dan belum tentu pada 3-6 Juli 2017 mendaftar PPDB online,” demikian Sigit, Rabu (14/6) pagi.

Lain halnya, kondisi jauh berbeda terjadi di SMAN 1 Kepanjen. Saat PPDB hari pertama, 12 Juni 2017, jumlah pendaftar yang mendapatkan PIN sudah mencapai 587 siswa. Sementara, pagu siswa baru SMAN 1 hanya 360 siswa. Rinciannya, pagu umum jalur PPDB online di SMAN 1 Kepanjen adalah 313 orang, pagu prestasi 18 oramh, mitra warga 18 orang, dan Bidik misi 11 orang.

Hampir sama dengan PPDB di SMAN 1 Dampit. Menurut Lukman Hakim SPd, waka kesiswaan SMAN 1 Dampit, pendaftar di hari pertama sudah di atas 300 orang, sementara pagu siswa baru tahun 2017/2018 adalah sejumlah 384 siswa. [min]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here