Singgahi Malang, Ini Kesan Mahasiswa Jepang 

Inspirasicendekia.com, MALANG – Indonesia, khususnya Malang, memang selalu menarik bagi pelajar asing. Kali ini, Malang kembali menjadi jujugan puluhan mahasiswa asal Jepang.

“Bagus……, sejuk…..,” kata Makki, seorang mahasiswi asal Jepang, usai melihat-lihat fasilitas kampus SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Kabupaten Malang, Sabtu (11/8). 

Tidak banyak yang bisa diungkapkan Makki dalam Bahasa Indonesia atau pun Inggris ketika ditanya kesannya soal Malang. Namun, selama tak kurang tiga jam, ia dan rombongan mahasiswa ini tampak menikmati lingkungan kampus SMK Rujukan Nasional ini. 

Kujungan mereka diawali dari pengenalan budaya dan profil SMK Mutu yang dilangsungkan di basement Gedung Titanium Building. Usai penyambutan singkat, mereka melanjutkan melihat-lihat unit pelayanan, failitas bengkel, dan teaching factory Kelas Daihatsu. Mobil hybrid Suryawangsa yang terparkir di dalam gedung pun tak terlewatkan mereka lihat dari dekat. Sebagian bahkan bergantian menaikinya. 

Sambil menikmati lingkungan SMK Mutu, para mahasiswa ini terlihat beberapa kali berinteraksi belajar bahasa Indonesia dengan sejumlah siswa sekolah setempat.

“Ini kunjungan biasa ke Indonesia yang diikuti 34 mahasiswa dari lima universitas di Jepang. Selama lima hari kami homestay di Malang, sambil mengenal budaya masyarakat dan belajar bahasa Indonesia,” terang Prof Dr Bambang Rudyanto, dosen Wako University of Japan yang menjadi promotor kunjungan ini.

Belajar budaya dan bahasa Indonesia ini, katanya, bisa dilakukan dengan berinteraksi langsung dengan teman sebaya siswa atau pun mahasiswa. Kunjungan ke SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi ini sendiri sudah beberapa kali. Rombongan mahasiswa Jepang ini juga mampir ke Universitas Muhammadiyah Malang.

“Kunjungan seperti ini kami lakukan setahun sekali dengan peserta dari kampus berbeda-beda. Ini adalah tahun ke-14. Harapannya, mereka lebih mengenali Indonesia,” demikian dosen yang mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.