Beranda KILAS Siaga Bencana dan Sekolah Aman, Pelajar Sekolah Muhammadiyah Dibekali Simulasi

Siaga Bencana dan Sekolah Aman, Pelajar Sekolah Muhammadiyah Dibekali Simulasi

160
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pelajar sekolah Muhammadiyah di Malang siap menjadi bagian dari upaya pengurangan risiko kebencanaan. Salah satunya, turut serta mengkampanyekan dan terlibat aktif dalam program kesiapsiagaan bencana.

Keterlibatan pelajar sekolah Muhammadiyah ini seperti yang tampak dalam kegiatan sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), Ahad (23/4) pagi. Pelajar yang tergabung dalam IPM SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen bersama relawan Muhammadiyah Disaster Center (MDMC) ini melakukan longmarch mulai dari sekolah setempat menuju Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, sekitar 150 pelajar anggota IPM SMKM 1 Kepanjen didampingi oleh pegiat MDMC melakukan longmarch sambil membagi-bagikan selebaran dan stiker. Mereka melintasi Jalan Penarukan – Jalan Panji – Jl Trunojoyo dan finish di Stadion kanjuruhan Kepanjen.

Menurut pegiat MDMC PD Muhammadiyah Kabupaten Malang Nurcholish Dwi, tujuan utama sosialisasi kebencanaan di lingkungan sekokah diantaranya adalah mewujudkan sekolah aman sekaligus menyelamatkan aset sekolah terhindar dari dampak bencana.

Siaga Bencana dan Sekolah Aman, Pelajar Sekolah Muhammadiyah Dibekali Simulasi

Selain mengajak pelajar SMKM 1 Kepanjen, MDMC PDM Kabupaten Malang juga berencana mengadakan kegiatan serupa di SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi. Menurut Dwi, dipilihnya lokasi kegiata di SMK Mutu karena sekolah ini memiliki gedung tertinggi jenjang SMA/SMK.

“Salah satu gedung sekolah tertinggi di Indonesia seperti milik SMK Mutu
otomatis harus dikenalkan kebencanaan atau lebih dikenal sekolah aman bencana. Di SMK Mutu tim siswa dibekali teknik dalam simulasi kesiapsiagaan kebencanaan pada 26 April 2017 nanti,” terangnya, Ahad (23/4).

Dikatakan, kegiatan puncak HKBN 2017 pada tanggal 26 April 2017 digelar serentak se Indonesia pada jam 10 dengan mengadakan kegiatan simulasi dilanjut apel siaga bencana. Adapun acara HKBN 2017 ini digagas oleh BNPB dengan mitra dua ormas terbesar yaitu Muhammadiyah (MDMC) dan NU (LPBINU).

Di Muhammadiyah sendiri, acara peringatan HKBN 2017 sudah dilaunching pada tanggal 17 April 2017 lalu di Gedung PP Muhammadiyah di Jl. Ahmad Dahlan Yogyakarta dilanjutkan longmarch ke titik nol dan orasi. [min]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here