Shelby Eka M, Pewaris Budaya Tradisional Ini Duta Pemuda Nasional

Inspirasicendekia.com, MALANG – Kabupaten Malang memiliki anak muda pewaris budaya tradisional Malangan berbakat. Shelby Eka Maretta, mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) asal Kepanjen, salah satunya.

Berkat keterampilan dan kecintaannya ada budaya dan seni tradisional, Shelby Eka kini terpilih sebagai duta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) nasional dan menjadi delegasi Jawa Timur di ajang ini.

“Syukur diberi kesempatan mewakili Jatim ke tingkat nasional. Semua keberhasilan saya tidak luput dari peran orangtua dan teman,” kata Shelby, Senin (10/9) siang.

Kini, lajang kelahiran Malang, 11 Maret 1998 ini harus berkonsentrasi untuk persiapan JPI nasional, yang akan digelar 5-11 Oktober 2018 di Bangka Belitung. Ia bersama 13 duta peserta lainnya dari Jawa Timur harus menjalani karantina latihan yang dipusatkan di Sidoarjo.

“Harus menyiapkan fisik ya, karena kegiatannya pasti banyak. Makan dan olahraga seimbang. Tidur cukup dan have fun pastinya,” katanya soal persiapan diri menghadapi JPI Nasional mendatang.

Kecintaan dan bakat Shelby Eka pada seni khususnya tarian tradisional memang bukan suatu kebetulan. Gadis yang kini berstatus mahasiswa semester prodi Pendidikan Seni Tari dan Musik UM ini pun piawai tarian tradisional Jawa Timuran. Seperti, tari Jejer Jaran Dawuk, topeng, juga tari beskalan putri.

Bahkan, Shelby sudah dikenal dengan sejumlah prestasi sebelumnya. Diantaranya, finalis audisi Duta Penari Jatim 2015 dan Puteri Kebaya 2 Kabupaten Malang 2016. Prestasi yang lainnya banyak didapatkan di bidang seni tari.

Soal budaya dan pariwisata, putri pasangan Sri Darmini dan Dwi Tanti Wahyuni ini pun memiliki ide bagus. Ia berencana mengembangkan wisata baru di daerah, dan ditambahi spot hunting yang menawarkan sunset. Juga ada penampilan seni setiap akhir pekan, atau minimal sebulan sekali.

“(Di Kabupaten Malang) yang belum ada itu tempat wisata yang ada penampilan seninya. Jadi pengemasannya sedikit berbeda (memadukan wisata dan budaya),” imbuhnya.

Dengan menjadi duta JPI, Shelby juga ingin menyadarkan pemuda harus proaktif dalam kegiatan sosial kepemudaan, wirausaha dan organisasi positif lainnya.

Selain Shelby Eka Maretta, sebelumnya Yoga Hadi Pratama juga menjadi duta JPI Kabupaten Malang. Bersama Shelby, pemuda asal Pakisaji ini juga sama-sama bagus dan berbakat di bidang seni tari. Tak hanya pandai menari, Yoga juga punya telanta membuat topeng Malangan. Namun, pemuda asal Pakisaji ini tidak terpilih hingga tingkat nasional.

Rochmaatin, Kasi Kelembagaan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kabupaten Malang menambahkan, Shelby memang banyak kreasi gerakan pada berbagai tarian tanpa menghilangkan khas Malangan. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.