Sertijab 14 Kepala SMAN/SMKN, Kompetensi Kasek Diharapkan Angkat Mutu

0 477

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 14 kepala SMAN/SMKN di lingkup Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Kabupaten Malang melakukan serah terima jabatan (sertijab), Kamis (10/1). Pengalaman dan kompetensi para kasek tersebut diharapkan bisa mengangkat mutu pendidikan yang dipimpinnya.

Sertijab kasek lama dan baru disaksikan langsung Kepala Cabdin Pendidikan setempat berikut jajarannya. Dalam sambutannya kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Malang Arif Khamzah menegaskan, promosi atau mutasi jabatan kepala sekolah SMAN/SMKN semuanya sudah berdasarkan pertimbangan.

“Penempatan kepala sekolah sudah diukur (dipertimbangkan). Jadi, kepala sekolah yang dikukuhkan hari ini harus mampu menunjukkan kompetensinya di tempat baru,” demikian Kacabdin Pendidikan wilayah Kabupaten Malang Arif Khamzah.

Dalam acara ini, satu persatu kepala sekolah promosi maupun mutasi melakukan penandatanganan surat sertijab di depan kepala Cabdin. Mereka lalu secara resmi menerima SK Gubernur Jatim terkait pengangkatannya sebagai kepala SMAN/SMKN.

Dari 14 kasek promosi dan mutasi ini, diantaranya kepala SMAN 1 Sumbermanjing Wetan, Sugeng Satrio Utomo SPd MPd, yang dimutasi ke SMAN 1 Kepanjen. Peggantinya, adalah I Ketut Renen MSi, guru yang dipromosikan dari SMAN 2 Gentengan Banyuwangi.

Sementara, pada jenjang SMKN, salah satunya Edy Prayoga, guru SMKN 2 Singosari, dipromosikan menjadi kepala SMKN 1 Wonosari. SMKN 1 Wonosari merupakan SMKN yang baru resmi dibuka tahun lalu.

“Yang penting kita terus tingkatkan prestasi agar tambah meningkat prestasinya, mengingat SMAN 1 Kepanjen barometer peraih prestasi dari sekolah yang ada di Kabupaten Malang,” demikian kepala SMAN 1 Kepanjen Sugeng Satrio Utomo usai sertijab.

Sugeng Utomo sendiri cukup berpengalaman dalam manajemen sekolah. Sebelum diangkat kepala SMAN 1 Sumawe awal Januari 2018 lalu, ia menjadi wakil kepala sekolah hingga delapan tahun lamanya.

Pengalaman lain Sugeng adalah pernah kuliah S2 program Sandwich di University Putra Malaysia dan belajar kepemimpinan di Institute Aminudin Baqi (IAB) Malaysia. [amn]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.