Beranda KILAS Sekolah Muhammadiyah se Jatim Kupas Pendidikan Karakter

Sekolah Muhammadiyah se Jatim Kupas Pendidikan Karakter

401
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, SURABAYA – Para kepala sekolah Muhammadiyah kembali mendapatkan sosialisasi dan penguatan terkait penyelenggaraan pendidikan. Kamis (23/2) ini, seluruh kepala sekolah Muhammadiyah mengikuti Konsolidasi Pendidikan Muhammadiyah se Jawa Timur yang diselenggarakan di Gedung LPMP Jawa Timur, Surabaya.

Dalam acara ini, peserta yang berasal dari SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK Muhammadiyah se Jatim mengikuti pemaparan materi selama sekitar 4 jam dari narasumber. Yakni, materi penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam UN dan USBN yang disampaikan Dr Arie Budiman, Staf Ahli Mendikbud bidang Pembangunan Karakter dan pemaparan tentang Peraturan Keuangan dan Kepegawaian yang disampaikan Dr Hidayatullah MSi, wakil Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Jatim.

Pembahasan penguatan pendidikan karakter diperluas dan diperdalam melalui Focus Group Discussion. Selama setidaknya empat jam, peserta diminta membuat program PPK dan membahasnya bersama-sama dalam diskusi per komisi yang dibentuk.

Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jatim Dr Arba’iyah MA mengungkapkan, kegiatan konsolidasi pendidikan Muhammadiyah Jawa Timur ini diselenggarakan sebagai upaya optimalisasi peran sekolah dalam menyiapkan kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter. Menurutnya, terdapat tiga nilai utama yang ditetapkan melalui pendidikan karakter di sekolah Muhammadiyah, yaitu keihlasan, kepeloporan dan ukhuwah Islamiyah.

Salah seorang peserta, Arif Joko Suryadi, mengaku cukup antusias dan senang mengikuti acara Konsolidasi Pendidikan Muhammadiyah ini. Ia bahkan termotivasi dengan tantangan untuk menjadikan sekolah Muhammadiyah yang maju.

“Konsep pengembangan sekolah Muhammadiyah selalu visioner dan memberi dorongan untuk selalu menjadi yang terdepan, maju dan profesional. Ini menjadi sebuah tantangan bagi kami,” demikian Arif, yang juga kepala SMK Muhammadiyah 6 Kepanjen, Kamis (23/2). [rif/rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here