Beranda PARENTING Sekolah, Harus Pertimbangkan Keamanan Anak

Sekolah, Harus Pertimbangkan Keamanan Anak

458
0
BERBAGI
Memilih Sekolah Untuk Anak

Keberadaan sekolah tak hanya penting sebagai tempat belajar menimba ilmu pengetahuan dan mengasah kemampuan akademik serta bakat dan keterampilan. Lebih dari itu, lingkungan sekolah sangat lah penting bagi anak karena akan sangat berdampak pada pembentukan karakter dan tumbuh kembang mereka.

Seperti dilansir Antara, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto mengatakan, orang tua harus jeli dalam memilih sekolah. Dikatakan, yang seharusnya dilakukan orang tua adalah harus memastikan dengan melihat visi dan misi sekolah, kurikulum, program, kualitas tenaga pendidik dan budaya di sekolah tersebut.

Susanto menambahkan, pada tahun ajaran baru orang tua sibuk mencari sekolah bagi anak-anaknya, terutama yang memilih sekolah swasta.  Dan terkait preferensi orang tua dalam memilih sekolah anak, KPAI telah melakukan survei di 33 provinsi pada Juli hingga Agustus 2015 lalu. Jumlah responden yang disurvey totalnya 2.400 orang, terdiri dari 800 ayah, 800 ibu dan 800 anak.

Hasilnya, didapati potret hasil survei tersebut cukup menarik. Sebanyak 66,7 persen ayah dan 65,2 persen ibu memilih sekolah bagi anak berdasarkan pertimbangan kualitasnya. Terkait dengan biaya pendidikan, 57,9 persen ayah dan 61,5 persen ibu memilih sekolah anak dengan pertimbangan biaya,” terang Susanto.

Selain itu, sebanyak 36,8 persen ayah dan 36,4 persen ibu memilihkan sekolah anak dengan pertimbangan bangunan dan fasilitas. Sedangkan yang mempertimbangkan faktor popularitas sekolah sebanyak 13,8 persen ayah dan 15,8 persen ibu.

“Seiring dengan banyaknya kasus kekerasan anak belakangan ini, sebanyak 52 persen ibu sangat khawatir dengan keamanan anaknya di sekolah. Ini harus menjadi perhatian institusi pendidikan,” tegas Susanto. (rul)

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here