Beranda APRESIASI Sebulan, Empat Prestasi Diraih Siswa SMKN 1 Turen

Sebulan, Empat Prestasi Diraih Siswa SMKN 1 Turen

1782
0
BERBAGI
Sebulan, Empat Prestasi Diraih Siswa SMKN 1 Turen

Komepetensi unggul tetap ditunjukkan para siswa SMK Negeri 1 Turen. Selama November ini, setidaknya empat prestasi dari ajang lomba regional dan nasional bisa diraih siswa-siswi SMKN tersebut.

Prestasi juara 1 dari ajang lomba Fashion Movement se Jawa-Bali yang digelar di Universitas Negeri Malang (UM) belum lama ini berhasil dipersembahkan Cindy wahyu, siswi kelas XII jurusan Busana Butik. Dalam lomba tersebut, Cindy membuat sebuah karya disain ilustrasi gaun pesta. Gambar model disain gaun pesta yang dibuatnya berkonsep ready to wear yang simpel, namun tetap kelihatan glamour, mampu menyisihkan 40 peserta lain dalam lomba ini.
Prestasi Cindy Wahyu ini langsung dengan menjuarai ajang Malang Fashion Urban Traveling yang digelar di Matos Malang. Disain baju traveling yang dibuatnya lebih simpel, sehingga nyaman bagi penyuka traveling. Cindy meraih juara 2 pada ajang lomba fashion yang diikuti lebih dari 20 disainer pesertanya.

“Konsep model gaun simpel itu mulai dari bahan, disain hingga aplikasinya,” demikian siswi yang mengaku sudah memiliki 10 lebih karya disain ini.

Prestasi lebih membanggakan diraih Dadang Kurniawan Putra dkk, yang menjuarai olimpiade akuntansi SMA/SMK tingkat nasional di UM, 14 November 2015 lalu. Dari tiga tim yang mengikuti olimpiade ini, dua tim mendapatkan juara. Yakni juara 1 yang diraih bersama Vira Aprilia Kusmanadi. dan juara harapan.

Sebelumnya, di awal November, Dadang dkk harus melakoni babak penyisihan wilayah regional Malang, dengan soal teori pilihan ganda 100 soal, dan jawaban yang benar 60 soal. Pada babak semifinal Sabtu sebelumnya, tim akuntansi SMKN 1 Turen menghadapi soal tentang siklus akuntansi dan running question sebanyak 20 soal dengan pengulangan hanya satu kali. Babak penyisihan ini diikuti 55 tim. Sementara, semifinal diikuti 35 tim dari SMK. Peserta seluruhnya terbagi ke dalam 14 regional se Indonesia.

“Soal teori di babak penyisihan lebh sulit, mas. Tetapi, babak berikutnya, kemampuan menjawab tim harus cepat dan tepat, dan mental juga harus baik. Terutama, kemampuan komunikai verbal saat presentasi,” katanya.

Bagi Dadang, prestasi yang diraihnya cukup membanggakan dan mengobati kekecewaannya. Apalagi, olimpiade akuntansi tahun sebelmnya, SMKN 1 Turen baru juara 2. Di ajang LKS SMK Kabupaten Malang, ia juga hanya berhasil juara 2.

Selain Dadang Kurniawan dan Vira Aprilia, siswa SMKN 1 Turen lainnya, Nanda Bayu, juga berhasil mempersembahkan prestasi juara 3 olimpiade akuntansi yang digelar di Polinema bulan ini.

Prestasi bergengsi juga diraih siswa jurusan TKJ SMKN 1 Turen, Tito yulio, di ajang LKS SMK se Jawa Timur bidang Fisika Terapan, awal November lalu. Tito mampu mengungguli 19 peserta lain se jatim hingga mendapatkan kesempatan mengikuti LKS SMK nasional tahun depan.

Menariknya, Bagi Tito Yulio, soal teori dan praktikum keduanya dianggap mudah dan bisa dikuasai semua. Meski begitu, untuk persiapan LKS SMK Nasional nantinya, ia harus mampu lebih memahami teori esai dan eksperimen setidaknya 4 macam. Selain belajar materi yang didapatkan dari buku, materi yang harus dipelajari diperkaya dari sumber internet.

Tito punya cara belajar sendiri yang tetap dalam suasana tenang dan fresh. “Saya lebih suka belajar menyendiri di laboratorium yang tenang, dekat jendela yang menghadap dekat persawahan,” pungkas siswa yang juga aktif aktif kegiatan pramuka dan majelis perwakilan kelas ini. (min)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here