Scanning Rekap Hitung Suara, Hindari Kecurangan Hasil Pemilu

0 261

Inspirasicendekia.com, MALANG – Potensi dan celah kecurangan pada hasil pemilihan umum 2019 tetap diwaspadai. Agar tidak terjadi, KPU memastikan transparansi hasil hitung suara yang telah terekap.

“(Pemilu 2019) akan lebih transparan, karena ada mekanisme scan (pemindaian) rekap C1 (hasil penghitungan suara). Dan, semua pihak bisa mengaksesnya,” tegas komisioner KPU Jawa Timur, Rochani, usai pengukuhan anggota PPK se Kabupaten Malang Pemilu 2019, Rabu (2/1) siang.

Dikatakan, hasil pemindaian rekap hasil hitung suara ini secepatnya dipublish oleh KPU RI melalui laman resminya. Dengan diberlakukannya scanning C1 ini, ia berharap tidak ada lagi kekhawatiran suara peserta pemilu akan hilang.

“Hasil pemindaian rekap hitung suara akan dipublish real time di web KPU. Kalau ada yang mempertanyakan, data rekap C1 KPU bisa dicocokkan dengan yang dipunyai saksi. Jadi, nanti bisa bisa ditelusur hilangnya suara dimana,” kata bekas ketua KPU Kota Batu ini.

Rochani berharap tidak ada prasangka yang berlebihan kepada penyelenggara atau panitia pemilu. Terlebih, pantia sudah terikat tanggung jawab agar bisa melaksanakan dengan penuh integritas. [amn]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.