Sambutan Sekolah pada Siswa Baru, Seperti Apa?

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pendidikan yang ramah menjadi salah satu visi pelayanan pendidikan yang harus dicanangkan. Lingkungan sekolah yang ramah dan menyenangkan senantiasa harus diciptakan sejak siswa memasuki gerbang masuk hingga meninggalkan sekolahnya.

Suasana pendidikan ramah setidaknya tampak pada saat penyambutan siswa baru selama masa Pengenalan Lingkungan Sekolah hari ini, Selasa (18/7) pagi. Sambutan hangat dan ramah ditunjukkan para guru untuk menyemangati dan memotivasi anak-anak sekolah begitu mereka memasuki sekolahnya.

Sambutan Sekolah pada Siswa Baru, Seperti Apa?“Assalamualaikum. Ayo semangat…semangat! Sudah sarapan belum tadi?,” ucap kepala MTsN 6 Kepanjen, Sutirjo, sembari menyalami dan menyambut setiap siswanya saat memasuki gerbang madrasah, hari ini (18/7).

Meski masih pagi, sekitar pukul 6.15 WIB, kepala MTsN ini terus berdiri di tengah-tengah pintu gerbang madrasah menyambut siswa-siswinya yang bergantian datang. Salam dan tanya hangatnya itu berulang kali ditujukannya pada setiap siswa saat melewati gerbang MTsN ini.

Hal yang sama juga terjadi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Seperti dikatakan kepala SMKM 5, Arif Joko Suryadi, menyambut kedatangan siswa ini dilakukannya hampir tiap hari. Selain untuk memberikan keteladanan, menurutnya ini dilakukan sekaligus untuk membiasakan karakter dan disiplin terutama pada siswa.

Pemandangan sedikit berbeda terlihat di SMKN 1 Kepanjen. Sekitar pukul 6.45 WIB, tidak nampak sambutan ramah kepala sekolah atau pun guru pada siswa yang datang. Meski begitu, sejumlah karyawan keamanan dan siswa kakak tingkat tampak berbaris berjajar di dekat gerbang sekolah sembari memperhatikan setiap siswa yang baru datang.

Sebaliknya, pemandangan tanpa sambutan ini didapati inspirasicendekia.com di SMK Utama Kepanjen. Pada waktu hampir bersamaan, tidak tampak kehadiran anak-anak berseragam di sekolah yang lokasinya di perkampungan Kelurahan Penarukan Kepanjen ini.

Bahkan, tidak tampak keberadaan guru yang berdiri dekat pintu gerbang atau halaman dalam sekolah untuk menyambut kedatangan siswa. Tidak terlihat pula aktifitas Pengenalan Lingkungan Sekolah yang harusnya dilakukan selama 17-19 Juli 2017 ini. Sebaliknya, yang tampak adalah karyawan sekolah yang tengah melakukan aktivitas membersihkan semua ruang kelas dan terasnya. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.