Relawan Demokrasi Difokuskan Sasar Pemilih Strategis dan Rentan

0 212

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 55 Relawan Demokrasi (Relasi) resmi dilantik KPU Kabupaten Malang, Sabtu (26/1/2019) di Hotel Trio Indah 2 Malang. Pemilih strategis dan rentan golput menjadi fokus sasaran sosialisasi yang akan dilakukan.

“Pemilih pemilu 2019 kami kategorikan ke dalam pemilih strategis, pemilih rentan, dan marginal. Relawan demokrasi nanti yang akan banyak memberi penyadaran dan pendidikan pemilih pada kelompok ini,” kata anggota KPU Kabupaten Malang, Ahmad Taufiq, di sela bimbingan teknis Relasi, Sabtu (27/1) siang.

Ditegaskan, keberadaan relawan demokrasi ini akan menjadi ujung tombak peningkatan partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya. Terlebih, pemilih yang masuk kategori rentan tidak bisa menggunakan hak pilih karena sebab tertentu atau golput.

“Pemilih rentan ini termasuk para ibu dan perempuan yang banyak disibukkan pekerjaan domistik dan buruh tani di pedesaan. Termasuk, pemilih disabilitas,” bebernya.

Karena itu juga, tambahnya, ada juga relawan demokrasi yang secara khusus direkrut dari kelompok difabel. Harapannya, mereka akan bisa menyampaikan dengan mudah kepada calon pemilih disabilitas.

Soal target partisipasi pemilih, Taufiq mengaku tidak bisa membebankan kenaikan hingga seratus persen.

“Relawan ini diharapkan bisa menaikkan partisipasi pemilih. Setidaknya 2 sampai 5 persen. Lebih sering melakukan penyadaran pemilih tentunya lebih baik,” kata komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan Parmas ini.

Dalam bekerja, para relawan demokrasi ini diharuskan melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih setidaknya empat kali tatap muka dalam sebulan. Mereka dikontrak KPU selama empat bulan dengan honor Rp 750 ribu/bulan.

Terpisah, ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi yang sempat hadir dalam pelantikan Relawan Demokrasi menyampaikan, Bawaslu terbuka menjadi partner relawan demokrasi. Pihaknya menyambut dengan senang hati relawan untuk koordinasi dengan panwascam.

“Penting bagi relawan untuk bersikap netral dan santun dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat. Pemilu adalah pesta demokrasi, kita semua bertugas untuk mensukseskannya,” katanya pada relawan peserta bimtek. [amn]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.