Beranda TAHUKAH ANDA Ragam Manfaat Daun Kelor dan Bayam

Ragam Manfaat Daun Kelor dan Bayam

941
0
BERBAGI
Ragam Manfaat Daun Kelor dan Bayam

Tanaman kelor merupakan sumber nutrisi keluarga yang murah meriah. Faktanya, Daun kelor (Moringa oleifera) daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya disebut-sebut lebih tinggi dibanding kebanyakan jenis sayur lainnya, termasuk bayam.

Tahukah Anda, bahkan sejak jaman Romawi, Mesir, serta Yunani Kuno pun, daun-daun mungil kelor juga sudah digunakan dalam berbagai jenis pengobatan tradisional. Termasuk juga dalam kitab pengobatan India Ayurveda, kelor disebut merupakan obat berbagai penyakit.

Penelitian terkini tentang kandungan nutrisi daun kelor menguak bahwa kelor ternyata mempunyai kandungan zat besi hingga 25 kali bayam, dalam porsi yang sama. Ini berarti masalah anemia atau kurang darah bisa disembuhkan dengan konsumsi kelor. Tak heran jika oleh ahli gizi, ibu yang baru melahirkan serta dalam kondisi menyusui disarankan untuk banyak mengonsumsinya, sebagai pencegahan dari kurang darah dan mempercepat pemulihan tubuh juga memperbanyak produksi ASI mereka.

Tak hanya zat besi yang berlipat jumlahnya, bahkan jumlah protein dalam kelor ternyata dua kali lebih banyak dari pada kedelai. Demikian juga kandungan vitamin C yang 6 kali buah jeruk, serta vitamin A yang 4 kali jeruk. Selain itu, kalsium dan kalium, B1 dan B2, polifenol serta asam folat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia jumlahnya berlipat hingga 6 kali dibanding sumber lainnya (garagara.id)

Manfaat Daun Kelor
Kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Seperti dilansir dalam situs www.manfaatnyasehat.com, daun kelor memiliki beberapa khasiat bagi manusia. Berikut di diantaranya:

Mengobati Sariawan. Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin yang sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.

Menjaga Kesehatan Mata. Daun kelor merupakan satu diantara banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin A tinggi yang sangat ampuh dalam pencegahan penyakit mata. Bahkan, vitamin A dalam daun kelor juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.

Mencegah Osteoporosis dan Pegal Linu. Kelor adalah tanaman dengan daun yang memiliki banyak kalsium. Kalsium inilah yang kemudian akan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa kalsium yang terkandung dalam daun kelor jumlahnya lebih banyak dibanding kalsium yang ada pada susu. Selain sebagai penguat tulang, di negara-negara lain seperti Afrika dan India biasa memanfaatkan daun kelor sebagai obat diabetes dan mengobati tekanan darah tinggi.

Dalam daun kelor, juga terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks dan mengusir pegal-pegal.

Anda daat menghaluskannya, kemudian membalutkannya pada kulit bagian tubuh anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Nikmati terlebih dahulu kemudian anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.

Mengatasi Kulit Kering. Daun kelor adalah daun yang banyak mengandung vitamin B2. Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Kekurangan vitamin B2 bisa menyebabkan kulit akan kering bahkan hingga pecah-pecah.

Kandungan Manfaat Bayam
Layaknya daun kelor, bayam juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bayam yang sering dikonsumsi dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan merupakan makanan yang cocok untuk diet.

Tak hanya itu, bayam ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah dan mengurangi penuaan dini. Ini karena bayam didapati mengandung cukup banyak vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Zat antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Agar lebih maksimal, selain mengkonsumsi bayam Anda juga bisa menggunakan bayam sebagai masker. Cara membuat masker dari bayam sangat mudah. Bayam yang sudah dicuci bersih dihaluskan dan ditambah madu serta olive oil. Jadi Anda bisa melakukan perawatan dalam dan luar dengan satu bahan.

Jadi, agar terhindar dari gangguan penyakit mata, penuaan dini, dan kulit kering, Anda bisa mengkonsumsi daun kelor dan bayam secara teratur. Selamat mencoba!

Pewarta: Diah Nur Robbaniah

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here