Beranda HEADLINE NEWS Presiden RI Jokowi Hadiri Pengukuhan Profesor Honoris Causa KH Ma’ruf Amin

Presiden RI Jokowi Hadiri Pengukuhan Profesor Honoris Causa KH Ma’ruf Amin

68
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pengukuhan gelar Profesor Honoris Causa (HC) KH Ma’ruf Amin di gedung rektorat Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu (24/5) pagi, begitu istimewa. Prosesi pengukuhan profesor dalam bidang ilmu ekonomi muamalat syariah Fakultas Syariah UIN Maliki ini dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Prosesi pengukuhan yang berlangsung di aula lantai 5 gedung Rektorat ini dilakukan oleh Senat UIN Maliki Malang. Turut juga dihadiri Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Nasir, Menteri Agama, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Mudjia Rahardjo, Ketua PBNU Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj, MA dan sejumlah Rektor PTAIN/PTAIS, dan juga para undangan lainnya.

Dalam orasi ilmiahnya Prof. Dr. (H.C.) Ma’ruf Amin menyampaikan paparan tentang ‘Solusi Hukum Islam (Makharli Fiqhiyyah) sebagai Pendorong Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia. Dalam orasi ini, Rais Aam PBNU & Ketua Umum MUI Pusat ini banyak memaparkan kontribusi fatwa DSN-MUI dalam peraturan perundang-undangan RI.

Ada yang menarik dari orasinya KH Ma’ruf saat itu. Ia berkata bahwa Presiden telah mencanangkan Jakarta menjadi pusat keuangan dunia. Sontak para hadirin yang hadir bertepuk tangan menyimak pernyataan ini.

“Bukan hanya sektor keuangan syariah saja yang dilakukan pembenahan, tapi juga sektor bisnis dan wisata syariah,” lanjutnya.

Acara ditutup dengan penyeraharan cinderamata dan ucapan selamat oleh Presiden Jokowi didampingi Menteri  Riset Teknologi dan Dendidikan Tinggi Nasir. [fan/rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here