Prakerin, Siswa SMK Mutu Dikenalkan Budaya Industri Langsung Mitra DUDI

0 240

Inspirasicendekia.com, MALANG – Ratusan pelajar SMK Muhammadiyah 7 (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang bakal mengalami dunia kerja ke sejumlah perusahaan. Mereka akan menjalani praktik kerja industri (prakerin) mulai pekan depan.

Para siswa ini terlebih dahulu mendapatkan motivasi dalam apel bersama sebelum pemberangkatan di lapangan kampus SMK Mutu, Sabtu (15/12) pagi. Apel pemberangkatan ini sekaligus menjadi pembekalan terakhir semua siswa sebelum dilepas ke tempat prakerin.

“Jumlah peserta prakerin tahun ini sekitar 700 siswa dari 13 program keahlian yang ada. Lama prakerin minimal empat bulan, namun ada yang sampai 6-12 bulan tergantung permintaan DuDi,” demikian waka humas SMK Muhammadiyah 7, Isa Anshori, Sabtu (15/12).

Sebelumnya, selama tiga hari pada 12-14 Desember 2018, siswa-siswi SMK Mutu peserta prakerin dari program keahlian masing-masing mendapatkan materi pembekalan kerja. Selama tiga hari ini, materi dan motivasi kerja langsung diberikan oleh narasumber mitra dunia usaha dan industri (DUDI).

Pada Kamis (12/12/2018) misalnya, peserta prakerin program keahlian Kelistrikan, Otomotif dan Sepeda Motor, diberi motivasi langsung oleh pihak PT Yamaha dan PT Daihatsu. Mereka dibekali pemahaman tentang budaya industri, prosedur keselamatan kerja dan etos kerja.

Pengenalan budaya kerja juga diberikan langsung pimpinan dari pihak Apotik Kimia Farma, Skomtek, RS Hasta Husada.

Dikatakan, tempat prakerin tersebar di beberapa kota di Jawa Timur seperti Pasuruan, Surabaya, Pare Kediri, Lumajang dan Probolinggo. Bahkan, jurusan seperti Teknik Alat Berat tempat magang siswa ada di PT Elnusa Balikpapan dan teknik instalasi tenaga listrik ditempatkan di PT Semen Gresik.

Jumlah mitra DuDi SMK Mutu sendiri tercatat hingga 300an perusahaan. Sebagian besar DuDi ini melakukan rekrutmen kerja bagi lulusan SMK Mutu tiap tahunnya. [min]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.