PPS – Operator Sidalih Pilgub Jatim Saling Tegang, Ini Masalahnya…

Inspirasicendekia.com, MALANG – Mimik muka serius dan cukup tegang tergambar pada wajah-wajah puluhan peserta bimbingan teknis yang ada di aula MI Imami Kepanjen, Selasa (9/1) malam. Waktu telah menunjukkan pukul 22.05 WIB, namun mereka masih sibuk dengan data-data yang dalam laptop masing-masing.

Yang sedang mereka lakukan adalah pemetaan sekaligus pencocokan daftar calon pemilih Pilgub Jatim 2018 untuk wilayah kecamatan Kepanjen. Kegiatan ini diikuti operator sistem pendataan pemilih (sidalih) didampingi sejumlah perwakilan dari 18 PPS yang ada.

Kegiatan yang dilakukan adalah memetakan daftar pemilih setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah desa/kelurahan masing-masing. Termasuk, menambahkan daftar pemilih yang sebelumnya belum terdaftar atau yang harus dihilangkan di form file excell daftar pemilih yang diterbitkan SIAK.

“Ini mengurutkannya gimana? Banyak juga daftar pemilih yang salah TPS,” tanya Deny, anggota PPS Panggungrejo.

Cara pengurutan dan pemetaan daftar pemilih pada program excell desa Panggungrejo ini kemudian dibimbing Arofiki, ketua PPK Kepanjen. Begitu juga anggota PPK lain, Khoirul Amin dan Sulung, tak ketinggalan ikut menjelaskan dan menunjukkan pemetaan daftar pemilih yang semestinya.

“Sekitar tiga RT yang banyak memakan waktu untuk dipetakan pemilihnya. Kami kurang hapal warganya siapa saja. Ya harus lebih teliti,” kata Yudi serius, PPS yang merangkap operator sidalih untuk Desa Kedung Pedaringan.

Setelah memberikan penjelasan pengantar, anggota PPK Kepanjen Divisi Data Mokhammad Fairus juga harus berulang kali arahan terkait apa yang harus dilakukan operator sidalih.

PPS - Operator Sidalih Pilgub Jatim Saling Tegang, Ini Masalahnya...“Semua data pemilih kami kelompokkan jadi satu. Semua harus dipetakan untuk memastikan sudah sesuai TPS yang ada. Malam ini pemetaan memang harus selesai,” kata Gus Fairus, panggilan akrabnya.

Pemetaan paling akhir adalah PPS Curungrejo dan Kelurahan Kepanjen yang memiliki jumlah pemilih terbanyak dengan 20 TPS. Kegiatan pemetaan ini pun berakhir menjelang dini hari. (min)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like
1 Comment
  1. Sukandar says

    Kami PPS mearasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh komisioner PPK Kepanjen atas bimbingannya sehingga tahapan pilgup dapat terlaksana dengan baik sesuai amanah uu pilkada Jatim 2018 meski maminnya weci and tempe bungkil

Leave A Reply

Your email address will not be published.