Beranda KILAS PPDB SMAN, Dibagi Enam Zona dengan Dua Pilihan Sekolah Tujuan

PPDB SMAN, Dibagi Enam Zona dengan Dua Pilihan Sekolah Tujuan

299
0
BERBAGI
PPDB SMAN, Dibagi Enam Zona dengan Dua Pilihan Sekolah Tujuan

inspirasicendekia.com, MALANG – Dinas Pendidkan Jawa Timur telah merilis jadual Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2017/2018. Ketentuan PPDB SMA/SMK dilaksanakan dengan dua jalur, offline dan online.

Jadwal tahapan kegiatan PPDB SMA dan SMK Negeri jalur online ditetapkan lebih awal, yakni pada 5-22 Juni 2017. Calon pendaftar diminta menyerahkan berkas pendaftaran berupa SKHUN asli, salinan SKHUN teregalisir, kartu peserta UN dan KK, untuk mendapatkan PIN atau token. Pendaftar juga dipersilahkan mengikuti simulasi/latihan PPDB SMA/SMK selama 24 jam melalui internet online selama masa pendaftaran tersebut.

Kemudian, masa PPDB online sendiri ditetapkan selama empat hari, yakni pada 3-6 Juli 2017 dalam waktu 24 jam. Dalam pendaftaran secara online ini, hanya calon peserta yang telah memiliki PIN yang bisa melakukan login pendaftaran. Laman untuk PPDB online SMA/SMK adalah https://ppdbjawatimur.net atau ppdb.dindik.jatimprov.go.id.

Sementara itu, jadual PPDB jalur offline ditetapkan lebih singkat pada 12-14 Juni 2017, dilanjutkan proses verifikasi dan validasi (Panitia PPDB) pada 14–16 Juni 2017. Pengumuman lolos tidaknya pe daftar ditetapkan pada 17 Juni, sehingga lulusan SMP/MTs yang tidak diterima jalur offline dapat mengikuti PPDB SMA/SMK melalui jalur online.

Tahun ini, PPDB SMAN diberlakukan dengan sistem zona atau rayonisasi. Di Kabupaten Malang PPDB SMAN dibagi 6 zona. Zona dengan jumlah SMAN tujuan paling banyak adalah Zona 2 dan 4, masing-masing tiga SMAN. Setiap pendaftar bisa memilih dua sekolah tujuan dalam zona yang sama atau lintas zona dengan pengurangan poin.

Lain halnya, untuk jenjang SMK, tidak diatur pembagian zona dalam PPDB tahun ini. Pasalnya, dalam satu daerah tidak semua SMK memiliki program keahlian yang sama, sehingga akan menyulitkan calon siswa jika dibatasi dengan sistem zona. [min]

Berikut pembagian zona PPDB SMAN:
1. SMAN 1 Lawang dan SMAN 1 Singosari: Calon pendaftar dari kecamatan Lawang, Singosari, Karangploso dan Dau

2. SMAN 1 Kepanjen, SMAN 1 Sumberpucung dan SMAN 1 Pagak: Pendaftar dari kecamatan Kepanjen, Sumberpucung, Pagak, Pakisaji, Wagir, Wonosari dan Kromengan.

3. SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bantur: Calon pendaftar dari kecamatan Bantur, Gondanglegi, Pagelaran dan Gedangan.

4. SMAN 1 Turen, SMAN 1 Sumberanjing Wetan dan SMAN 1 Dampit: Pendaftar dari kecamatan Turen, Sumberanjing Wetan, Dampit, Wajak, Ampelgading dan Tirtoyudo.

5. SMAN 1 Ngantang: Calon pendaftar dari kecamatan Ngantang, Pujon dan Kasembon.

6. SMAN 1 Tumpang dan SMAN 1 Bululawang: Calon pendaftar dari kecamatan Tumpang, Bululawang, Jabung, Pakis dan Poncokusumo. (*)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here