Pondok Ramadlan Smaneka, Ngaji Etika Pergaulan Remaja Islami

Inspirasicendekia.com, MALANG – Bagaimana etika bergaul remaja yang baik dan benar banyak disinggung narasumber dari Kantor Kemenag Kabupaten Malang, ibu Suriyah MAg, dalam kajian pondok ramadan di SMAN 1 Kepanjen (Smaneka), Sabtu (12/6). Di hadapan puluhan siswa-siswi SMAN setempat, pemateri yang juga pengawas PAI Kemenag ini juga banyak berbagi ilmu yang mengatur soal pergaulan Islami.

Dalam materinya tentang “Etika Pergaulan Remaja Muslim”, banyak disampaikan adab dan tata cara bergaul di kalangan remaja muslim, yang mana itu merupakan hal yang penting namun seringkali disepelekan oleh para remaja.

Kajian ini menjadi rangkaian dari kegiatan pondok ramadan di SMAN 1 Kepanjen yang diikuti pelajar kelas X dan XI. Kegiatan selanjutnya yaitu salat dhuha berjamaah dan tadarus yang dikhatamkan oleh siswa-siswi satu angkatan ini.

Sebelumnya, acara dibuka dengan sambutan Kepala SMAN 1 Kepanjen, Drs. H. Maskuri. Melalui kegiatan ini, beliau berharap akan terjadi peningkatan ibadah serta keimanan dan ketaqwaan siswa.

Pondok Ramadlan Smaneka, Ngaji Etika Pergaulan Remaja Islami“Setelah pondok ramadhan, salat tahajjudnya harus meningkat, tarawihnya juga harus jangkep,” harap Pak Maskuri.

Tujuan diselenggarakanya pondok ramadhan ini, remaja muslim khususnya siswa- siswi SMA Negeri 1 Kepanjen bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menyambut hari kemenangan yang penuh fitrah.

Kegiatan pondok ramadhan Smaneka diselenggarakan dalam 3 hari kedepan. Setiap harinya diadakan mulai pada pukul 07.30 pagi hingga pukul 12 siang. Rangkaian kegiatan pondok ramadhan hari pertama untuk siswa kelas 10, dan hari kedua untuk siswa kelas 11.

Pada hari ketiga, pondok ramadhan dipungkasi dengan acara buka bersama seluruh siswa SMAN 1 Kepanjen. Tak hanya itu, rencananya juga akan diadakan khotmil quran dan santunan anak yatim pada hari berikutnya.

Hari pertama pondok ramadhan ini, para siswa terlihat antusias. Namun, tercatat masih sekitar 60 anak yang tidak hadir dalam acara tersebut. (*)

Penulis: Ayu Azzani, teen-journalist IC dari SMAN 1 Kepanjen.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.