Pokdarwis Tulungrejo dan Capung Alas Nominasi Duta Wisata Nasional

wisata-petik-apel--ilustrasi ok

Tim Penilai dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan dan penilaian pada aktivitas kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang masuk kategori 5 besar Provinsi Jawa Timur yang menjadi nominasi Duta Wisata Nasional. Dari lima Pokdarwis desa ini, dua diantaranya mewakili Kabupaten Malang dan Kota Batu. Yakni, Pokdarwis desa Tulungrejo, kecamatan Batu dan Capung Alas Pujon, Kabupaten Malang.

Tahun ini, kelompok Sadar Wisata dari 14 kabupaten/kota memang telah mengikuti tahapan seleksi tingkat provinsi Jatim. Seleksi digelar berdasarkan penilaian potensi wisata, kelengkapan infrastruktur dan administrasi, serta peran serta masayarakat dalam mengembangkan potensi wisata di desanya.

Selengkapnya, lima kelompok sadar wisata terpilih untuk maju dalam tahapan seleksi nasional tahun ini adalah, Pokdarwis Tulungrejo, Bumiaji (Kota Batu), Pokdarwis Capung Alas (Kabupaten Malang), Pokdarwis Sendang Duwur (Kabupaten Lamongan), Pokdarwis Mangrove Bedhol (Banyuwangi), dan Pokdarwis Dupasarim (Kabupaten Pasuruan).

Selanjutnya, tim Juri nasional akan melakukan penilaian lapangan di desa yang akan ditentukan oleh pihak Dinas Pariwisata Jatim. Dikatakan Yono, salah satu tim penilai dari Disparta Jatim awal Agustus lalu, Kelompok Sadar Wisata memang harus menjadi kekuatan sipil yang mampu mendongkrak kesadaran dan potensi pariwisata di desanya masing-masing dengan tetap memperhatikan unsur-unsur lokalitas dan pelestarian lingkungan.

Kepala desa Tulungrejo Suliono mengungkapkan, terpilihnya Kelompok Sadar wisata Tulungrejo adalah buah kerja keras semua warga yang telah membentuk Pokdarwis melalui kelompok-kelompok tani yang telah ada sebelumnya. Menurutnya, desa wisata harus memiliki asas manfaat yang tinggi, dan diharapkan menjadi sebuah percontohan padat karya yang menyerap potensi ekonomi yang tinggi bagi kemakmuran warga desa Tulungrejo.

Ditambahkan Suliono, bisnis pariwisata adalah bisnis pelayanan jasa yang membutuhkan keterampilan marketing yang bagus. Untuk mempersiapkan warga desa Tulungrejo sebagai duta wisata, pemerintah desa setempat bekerjasama dengan organisasi masyarakat yang ada untuk memberikan pendampingan dan penyuluhan.

Desa Tulungrejo memiliki luas wilayah 80 kilometer persegi dan berpenduduk sekitar 9500 jiwa, yang tersebar di lima dusun yaitu, dusun Gondang, dusun Kekep, dusun Gerdu, dan dusun Junggo. Obyek pariwisata yang dimiki terdiri dalam kategori alam, seperti Coban Talun, Gunung Biru. Ada juga wisata buatan Selecta dan wisata Agro, dengan wisata petik apel dan florist. [min]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.