Beranda KILAS Pesilat Pelajar Raih 9 Emas Kejurnas Silat Unair Cup, Ini Dia…

Pesilat Pelajar Raih 9 Emas Kejurnas Silat Unair Cup, Ini Dia…

77
0
BERBAGI
ads_inspirasicendekia

Inspirasicendekia.com,┬áMALANG – Para pesilat asal Malang harus puas dengan perolehan juara yang belum sepenuhnya memuaskan pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat PSHT Rektor Airlangga Cup 23-28 Juli 2017 lalu. Dari sejumlah 24 atlet diterjunkan, sejumlah lima medali emas yang berhasil di bawa pulang.

Menurut Aditya Galuh, pelatih pencak silat yang turut mendampingi kontingen dari Malang mengungkapkan, atlet yang diterjunkan dibagi dalam 3 kategori, yakni kelompok usia dini, pra-remaja, dan remaja. Total perolehan medali juara yang diraih para atletnya adalah 14 medali, dengan rincian 5 emas, 6 perak, dan 3 medali perunggu.

Dikatakan penyumbang lima medali emas adalah atlet dari kategori tanding usia dini (2 emas) dan remaja (3 emas). Tiga medali emas ini semuanya disumbangkan pesilat remaja dari SMAN 1 Turen. Mereka adalah Taufiq Hidayatullah, Devani dan Ardiya.

Galuh menmbahkan, pada Kejurnas Unair Cup 2017 ini, sebenarnya tidak ditentukan target perolehan medalinya. Hanya saja, lanjutnya, disampaikan pada para atlet untuk tampil allout dalam setiap bertanding.

“Ya belajar dari hasil pertandingan kemarin (Kejurnas Airlangga, red), kita masih banyak kekurangan. Sebagian atlit masih ada yg canggung, msh demam panggung. Jadi, ya harus tetap lebih banyak belajar,” katanya, Sabtu (29/7) pagi.

Selain itu, dua pesilat pelajar SMK Muhammadiyah 7 (Mutu) Gondanglegi, Kabupaten Malang berhasil membawa pulang medali perunggu. Pesilat pelajar SMK Mutu ini masing-masing diraih Encep Sani, yang turun di kelas B putra remaja dan Didik Setiawan di kelas C putra remaja.

Pembina silat SMK Mutu Termiantono Yogidarto mengungkapkan, sebelumnya dua siswa ini memang kerap turun di berbagai kejuaraan silat tingkat nasional. Tidak mengehrankan jika keduanya kembali merebut medali di kompetisi Rektor Cup Unair Surabaya kali ini meski hanya perunggu.

Menurutnya, kejurnas pencak silat Rektor Unair Cup 2017 ini sendiri diikuti oleh sekolah SMA/SMK seluruh Indonesia. Atlet-atlet terbaik dari seluruh Indonesia turut berlaga pada kejuaraan nasional kali ini. Begitu pula pesilat dari SMK Mutu, meski keberuntungan belum berpihak pada atletnya karena hanya juara tiga.

Kontingen ajang Kejurnas Silat Rektor Universitas Airlangga Cup di Surabaya ini juga diperkuat pesilat dewasa dari kampus, seperti UM dan UB. Hasilnya, pesilat dari PSHT UM mendapatkan empat medali emas, sedangkan pesilat UB dua emas.

Atlet yang berhasil mempersembahkan medali diantaranya Ayu Dwi Agustin yang meraih perak dari nomor seni tunggal putri. Medali perak Kejurnas ini merupakan medali prestasi ke-20 yang diraih pesilat yang kini masih mahasiswa semester 3 Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya ini. [rul]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here