Beranda KAMPUS Peserta Gathering Darmasiswa di UMM Ditantang Lomba Menulis Jurnal dan Permainan Tradisional

Peserta Gathering Darmasiswa di UMM Ditantang Lomba Menulis Jurnal dan Permainan Tradisional

78
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Peserta Gathering Darmasiswa di UMM Ditantang Lomba Menulis Jurnal dan Permainan TradisionalMALANG – Sejumlah lomba menjadi rangkaian kegiatan International Gathering yang diikuti 540 mahasiswa asing di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama Senin-Rabu (8-10/5) ini. Agar lebih meriah, kegiatan pertukaran mahasiswa antarnegara ini juga diramaikan berbagai permainan tradisional.

Perlombaan yang digelar diantaranya lomba penulisan jurnal bahasa Indonesia, lomba video blog (vlog), dan lomba-lomba permainan. Menurut Dimas Arif Prassetyo, panitia International Gathering, perlombaan bersifat edukatif yang tujuannya untuk mengevaluasi hasil pendidikan bahasa, seni dan budaya Indonesia yang dipelajari para mahasiswa asing peserta program Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

Peserta Gathering Darmasiswa di UMM Ditantang Lomba Menulis Jurnal dan Permainan Tradisional
Peserta Gathering Darmasiswa di UMM Ditantang Lomba Menulis Jurnal dan Permainan Tradisional

“Seluruh peserta telah mempelajari bahasa, seni serta budaya Indonesia selama satu tahun di UMM. Dikemas dengan perlombaan, tujuannya dapat mengevaluasi hasil belajar dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujar Dimas yang juga staffInternational Relations Office (IRO) UMM ini.

Lomba penulisan jurnal bahasa Indonesia, lanjutnya, menjadi kompetisi paling bergengsi dan berhadiah paling besar. Mahasiswa program Darmasiswa diwajibkan menuliskan jurnal dengan tema “Catatan Darmasiswa: Hidup dan Kehidupan”. Melalui jurnal ini, mereka diminta menuliskan tentang pengalaman hidup selama satu tahun di Indonesia dan kesan selama mempelajari bahasa, seni serta budaya Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, berhadiah tiket pulang ke negara asal secara gratis, perlombaan yang digelar oleh Kemdikbud ini akan memberikan hadiah berupa perpanjangan waktu untuk mendalami tentang Indonesia lebih lama lagi. Lebih daripada itu, lanjut Dimas, sebanyak 21 pemenang yang keluar dalam penulisan jurnal ini akan diajak mengeksplor keindahan Indonesia di Raja Ampat dan Papua Barat.

Sementara itu, lomba vlog dan permainan tradisional yang terdiri dari lomba bakiak, lomba kata berbisik dan lomba rangku alu, merupakan insiatif pihak UMM selaku tuan rumah acara penutupan program Darmasiswa ini. Perlombaan vlog yang diikuti setiap universitas ini terdiri dari tiga kategori yaitu, kategori vlog promosi kuliner di daerah tempat tinggal selama di Indonesia, kategori promosi pariwisata Indonesia dan kategori promosi Indonesia di negara asalnya masing-masing.

Menurut Dimas yang, tiga perlombaan tersebut dilombakan pada hari kedua, Selasa (9/5) di Heliped UMM. Para peserta International Gathering ini pun tak mensia-siakan kesempatan acara dengan saling melakukan foto sendiri atau bersama-sama.

“Semua video berdurasi satu menit. Video-video itu diunggah di akun instagram UMM yaitu @ummcampus. Penilaiannya dari jumlah likes video tersebut,” pungkasnya. [hms/min]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here