Pemilu Damai, Bawaslu Kampanyekan ‘Kalah Terhormat, Menang Bermartabat’

Inspirasicendekia.com, MALANG – Memasuki masa kampanye Pemilu 2019 mulai hari ini, komitmen damai dikampanyekan Bawaslu. Kampanye Damai “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat” dideklarasikan bersama parpol peserta pemilu, Minggu (23/9) pagi.

Acara deklarasi Kampanye Damai ini dilangsungkan di Stadion Luar Kanjuruhan Kabupaten Malang. Selain menghadirkan 16 pimpinan parpol dan 99 anggota Panwascam dari 33 kecamatan, tampak hadir unsur Forpimda, ketua Pengadilan Negeri dan anggota Sentra Gakkumdu.

Sebelum deklarasi, Bawaslu melaksanakan ‘Senam Awas’ terlebih dahulu. Acara deklarasi ini diawali dengan pembacaan ikrar kampanye damai bersama-sama.

Kemudian, secara begantian dilakukan penandatanganan deklarasi damai oleh komisioner Bawaslu, ketua DPRD Hari Sasongko, Wakapolres Malang Kompol Yoghi Setiawan, dan Kepala Kesbangpol Bachrudin.

Anggota Bawaslu George da Silva mengungkapkan, Bawaslu berharap dengan deklarasi damai bersama pimpinan parpol ini terbangun komitmen bersama, paling mengurangi gesekan antarcalon dalam satu parpol juga antar parpol peserta Pemilu.

“Selama melakukan kampanye hingga 6 bulan ke depan, agar parpol peserta Pemilu dan caleg menghormati segala larangan kampanye,” tegasnya.

Dikatakan, ‘Kalah Terhormat, Menang Bermartabat’ bisa dimaknai bagi peserta pemilu yang kalah benar-benar terhormat dengan tidak melakukan kecurangan. Sementara, lanjut George, yang menang tetap bermartabat, tidak terlalu euforia. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.