Panggung Seni FLS2N SD, Munculkan ‘Bintang’ Pelajar Berbakat

Inspirasicendekia.com, MALANG.KAB – Panggung berukuran cukup besar di tengah lapangan SDN Panggungrejo 4 Kepanjen menjadi ajang para bintang cilik pelajar SDN se Kabupaten Malang, Sabtu (28/4). Dengan penuh antusias masing-masing, para pelajar ini tampil menunjukkan kreasi dan bakatnya.

Secara bergantian, lantunan suara merdu diiringi musik electone mengumandang dari panggung pentas seni ini. Setiap peserta yang naik panggung menyanyikan dua buah lagu, lagu wajib dan pilihan lagu-lagu daerah.

Para penyanyi cilik ini adalah peserta Festival dan lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) se Kabupaten Malang. Mereka mewakili 33 kecamatan yang ada dan merupakan pelajar SD terbaik sesuai hasil penjaringan di masing-masing kecamatan.

Penampilan lebih kreatif tersaji dalam lomba tari tradisional yang dilangsungkan di tempat terpisah, di aula Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Kepanjen. Tak hanya kreasi apik gerakan tari, para penari tim dari tiap kecamatan juga menampilkan kombinasi kostum dan properti yang sangat cantik.

Seperti penampilan tarian Petik Teh dari tim kecamatan Lawang, tari Bhektor penampilan tim Kepanjen dan tarian Bwanasih dari kecamatan Karangploso. Tiga tarian ini berturut-turut ditetapkan terbaik sebagai juara 3, 2, dan 1.

“Tarian yang dilombakan adalah tari garapan. Yang dinilai koreografi, kesesuaian tema, orisinalitas, dan performance. Bobot terbesar penilaian adalah penampilan dan keaslian,” terang Titik Purwanti, pengawas SD Dinas Pendidikan kecamatan Ngantang yang juga menjadi salah satu tim juri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Slamet Suyono mengungkapkan, peserta FLS2N ini merupakan para pelajar terbaik dengan bakat seni yang sudah dipilih sebelumnya.

“Penjaringan peserta sudah dilakukan di tingkat masing-masing kecamatan. FLS2N ini melombakan empat bidang, yakni pantomim, menyanyi solo, cipta dan baca puisi, serta tari garapan. Peserta terbaik nantinya mewakil Kabupaten Malang di ajang yang sama tingkat Jawa Timur Juni mendatang,” demikian Slamet. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.