Olimpiade Mapel Masanega, 500 Siswa SD/MI Bersaing Terbaik

Akhir Februari, tepatnya Sabtu, 27 Februari 2016, ratusan siswa SD/MI bersaing menjadi yang terbaik di ajang kompetisi akademik olimpiade mapel. Setidaknya 505 siswa menjadi peserta di ajang Olimpiade Mapel SD/MI yang digelar di MTsN Malang III, Sepanjang, Gondanglegi, Kabupaten Malang. Para peserta ini berasal dari sekitar 50 sekolah SD/MI dari Kabupaten dan Kota Malang.

Olimpiade Mapel SD/MI dilaksanakan melalui ujian tulis. Soal-soal mapel yang diujikan adalah Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Agama, dan Bahasa Indonesia. Teknisnya, tiap peserta olimpiade merupakan tim, yang beranggotakan dua siswa.

“Peserta tahap final olimpiade diambil dari 10 besar peraih skor tertinggi masing-masing mapel saat penyisihan. Dalam babak final ini kemudian diambil juara 1-3 dan juara Harapan 1-3,” jelas Hendik Kusmanto, waka kesiswaan MTsN Malang III.

Dikatakan, selain hadiah uang, para peserta terbaik juga berhak mendapatkan beasiswa jika nanti mendaftar sekolah di MTsN Malang III. Beasiswa berupa bebas SPP hingga 12 bulan, bergantung peringkat juaranya.

Tak sekadar kompetisi mapel bagi siswa SD/MI, siswa-siswi MTsN setempat juga memperkenalkan ekskul dan kreativitas mapel di stand-stand pameran. Anggota ekskul ini sekaligus unjuk keterampilan dan pameran berbagai prestasi yang sudah dihasilkan.

“Ada setidaknya 28 ekskul di MTsN Malang III. Sebagian besar pernah berprestasi. Paling banyak prestasinya ekskul bidang olahraga dan seni, pramuka, PMR, bela diri pagar nusa,” imbuh Endik.

Dari hasil final, tiga siswa MIN 2 Kota Malang meraih tiga juara I untuk mapel Agama, Bahasa Inggris dan IPA, sedangkan juara I untuk mapel Matematika dan IPS, berhasil didominasi peserta dari MI Islamiyah Kebonsari, Kota Malang. Satu-satunya peserta asal Kabupaten Malang yabg meraih juara I adalah siswa MI Roudlatul Mubtadiin Turen untuk mapel Bahasa Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.