Beranda KILAS Nilai Rerata Tryout US SD Masih Rendah

Nilai Rerata Tryout US SD Masih Rendah

786
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG.KAB – Peserta didik SDN di Kabupaten Malang calon peserta Ujian Sekolah (US) SD/MI 2017 masih harus lebih meningkatkan belajarnya. Setidaknya, dari hasil tryout US SD pekan lalu, didapati nilai rata-rata hasil belajar mereka masih belum memuaskan.

Dari rekap hasil seluruh SDN se Kabupaten Malang, didapati nilai rata-rata nilai US sebesar 63,37. Dari tiga mapel yang diujikan, rincian rata-rata nilai tryout US adalah Bahasa Indonesia (76,03), Matematika (49,51), dan IPA (65,69). Sementara, jumlah siswa kelas 6 yang mengikuti tryout US ke-1 adalah 30.951 anak.

“Evaluasi hasil tryout I, terutama pelajaran Matematika rata-rata nilai siswa belum memuaskan. Ini dialami siswa di hampir semua kecamatan. Target Dindik, rata-rata 8 ke atas lebih bagus,” kata Slamet Suyono, Kabid Pendidikan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Senin (20/2).

Meski nilai rata-rata paling jeblok, secara individu didapati nilai 100 mapel Matematika yang diraih siswa, sementara nilai terendah adalah 3,75. Jika dipresentase, nilai tryout siswa di bawah 6 adalah sebesar 13,11 persen. Sisanya, 86,89 persen, merupakan nilai di atas 6 untuk semua mapel.

Dikatakan, Rabu (22/2) lusa, pihaknya mengumpulkan para kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan untuk menyampaikan evaluasi apa yang masih kurang untuk diperbaiki, terutama pelajaran Matematika. Salah satunya, dengan menambah jam pelajaran khusus Matematika, kalau bisa jam ke-0.

Sebelumnya, Kasi Kurikulum Bidang SD Dindik Siti Fatimah mengungkapkan, target nilai rata-rata US SD/MI tahun ini diharapkan bisa mencapai 85. Ini mengingat capaian rata-rata tahun lalu berada dalam rentangan 82-84. Karena itu, ia berharap nilai rata-rata tertinggi masih bisa dicapai siswa SD Kabupaten Malang nantinya.

“Kami berharap tiap kali tryout US ada peningkatakan hasil maupun bobot soal. Karena, jika siswa dibiasakan dengan bobot soal lebih sulit saat tryout, maka saat US juga terbiasa,” katanya.

Siti juga mengimbau agar sekolah terpacu dan dimotivasi sehingga bisa mengantisipasi jika kemampuan belajar siswa masih kurang. Menurutnya, pihak pengawas dan guru di semua kecamatan harus tahu SD dan siswa mana saja yang nilainya perlu ditingkatkan.

Pihak Dindik sendiri memprogramkan tryout US SD se Kabupaten Malang hingga tiga kali.

“Tiap kecamatan harus menganalisa soal, mana yang masih lemah diperdalam lagi dan dibahas lebih baik,” tegasnya. [rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here