Beranda TAHUKAH ANDA Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Menstruasi

Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Menstruasi

639
0
BERBAGI
Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat Menstruasi

Minuman dan Makanan yang Dilarang Saat MenstruasiSetiap wanita yang sudah balig pasti mengalami siklus datang bulan setiap bulannya. Haid atau menstruasi merupakan kondisi dimana dinding rahim luruh karena tidak ada yang membuahi.

Saat itulah wanita cenderung memiliki emosional yang tinggi dan tak stabil. Hal tersebut diakibatkan oleh rasa nyeri dan sakit kram perut saat mens. Ketika menstruasi biasanya para wanita akan merasa lelah sehingga menjadi malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Saat masa datang bulan, ternyata faktor makanan juga harus diperhatikan. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari saat mengalami datang bulan. Makanan apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

ES KRIM

Bagi kebanyakan orang, terutama wanita pasti suka dengan es krim, karena rasanya yang lezat nan bergizi. Namun, tahukah Anda jika es krim juga memiliki kandungan lemak di dalamnya yang sama tingginya dengan kandungan lemak dalam daging merah.
Memakan makanan yang tinggi lemak dapat membuat kram semakin parah. Jika ingin mengkonsumsi es krim, sebaiknya pilih es krim yang non lemak.

DAGING MERAH

Saat datang bulan hindari makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti daging merah. Sebab daging merah memiliki kandungan lemak jahat yang bisa mengakibatkan peradangan dan dapat pula membuat rasa sakit semakin parah.

KAFEIN

Minum minuman berkafein seperti kopi atau soda dapat mengakibatkan haid menjadi tidak teratur. Selain itu, kebanyakan kafein juga dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur dan membuat suasana hati semakin buruk.

MAKANAN KEMASAN

Makanan kemasan seperti snack atau camilan yang biasa kita temui di toko atau supermarket merupakan makanan yang rendah gizi dan nutrisi. Selain itu, makanan kemasan juga mengandung bahan pengawet berbahaya yang terasa dalam jangka panjang dan membuat haid menjadi tidak nyaman.

Sebaliknya, agar mens Anda nyaman-nyaman saja, sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat selama menstruasi, karena berguna untuk mengatasi mood wanita yang turun dan dapat menghilangkan stres.

Nah, ternyata faktor makanan juga dapat memperburuk dan mengganggu siklus datang bulan. So, perhatikan makanan yang sehari–hari dikonsumsi supaya terhindar dari hal–hal yang tidak diinginkan.

Makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi

  1. Jenis Makanan Kaya Zat Besi. Ketika menstruasi, tubuh akan kehilangan banyak zat besi sehingga dianjurkan agar banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti tahu, bayam, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, kismis dan sereal.
  2. Buah-buahan. Makanan yang paling baik dikonsumsi selama menstruasi adalah buah-buahan karena di dalamnya terdapat kandungan gula alami yang berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan gula tinggi selama menstruasi.
  3. Cokelat. Coklat dianjurkan untuk dikonsumsi selama menstruasi karena kandungan biji kakao di dalamnya mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang menyerang. Selain itu, cokelat juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengembalikan mood menjadi lebih baik.
  4. Daging tanpa Lemak. Mengkonsumsi daging tanpa lemak berguna untuk meningkatkan energi dan dapat mengatur siklus menstruasi agar tetap lancar.

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here