Majukan Pariwisata, Latih Pelaku dan Targetkan 100 Desa Wisata

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pembangunan Pariwisata Kabupaten Malang diharapkan bisa mendatangkan efek positif bagi warga sekitar. Para pelaku wisata menjadi kunci untuk bisa mendongkrak hasil yang diharapkan.

“Peningkatan sumberdaya pelaku wisata harus terus dilakukan. Termasuk bagaimana bisa ikut mensupport promosi dan even sportourism,” kata Made Arya Wedanthara, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, kemarin.

Dikatakan, pembinaan sumberdaya yang dimaksud adalah melatih para pelaku wisata. Termasuk, masyarakat sekitar tempat wisata agar bisa memberikan aman, nyaman, dan tertib kepada pengunjung atau wisatawan.

Menurut Made Arya, total 84 desa wisata dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis) masing-masing sudah terbentuk, dari target 100 desa wisata tahun ini. Kabupaten Malang sendiri sudah memiliki sumberdaya dua pelaku wisata tersertifikasi nasional dengan penghargaan Satyalencana Kepariwisataan.

“Adanya dua pelaku wisata nasional ini nantinya yang banyak memberikan motivasi. Setiap tiga bulan sekali semua ketua pokdarwis dikumpulkan untuk mewujudkan harapan pariwisata kita,” beber Made Arya.

Keberadaan pokdarwis beberapa tahun terakhir memang sangat berarti bagi kemajuan pariwisata. Made mengakui, adanya pokdarwis menjadi awal dan pionir bagi menjamurnya desa-desa wisata baru.

“Mereka yang merangsang tumbuhnya desa-desa wisata baru. Dengan kekayaan alam Kabupaten Malang, masih banyak tempat wisata baru yang bisa dieksplorasi. Pemuda, kepala desa, bahkan tokoh agama dan masyarakat bisa ambil peran ini,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.