Beranda LIPUTAN KHUSUS Mahasiswa Dukung Perjuangan Petani Kendeng Lewat Aksi Solidaritas

Mahasiswa Dukung Perjuangan Petani Kendeng Lewat Aksi Solidaritas

109
0
BERBAGI
Mahasiswa Dukung Perjuangan Petani Kendeng Lewat Aksi Solidaritas
Mahasiswa Dukung Perjuangan Petani Kendeng Lewat Aksi Solidaritas

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa untuk Rakyat Tertindas (SMART) menggelar aksi di depan gerbang masuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Aksi solidaritas ini didasari atas meninggalnya Patmi (48), seorang aktivis yang getol meyuarakan penolakan pendirian dan pengoperasian pabrik Semen Indonesia dan pabrik semen lainnya di Pegunungan Kendeng pada Selasa (21/3) malam kemarin.

Ucang, mahasiswa Teknik Industri UMM selaku humas aksi tersebut juga menyampaikan penolakannya terhadap pendirian pabrik semen di Kendeng sekaligus berduka atas kematian Patmi dalam aksi yang dilakukan istana presiden Kamis (21/3) lalu.

Ia juga menegaskan kekecewaan massa aksi terhadap tumpulnya kepekaan politik para pengurus negara, termasuk pengingkaran tanggungjawab untuk menjamin keselamatan warga negara dan keutuhan fungsi-fungsi ekologis dari bentang alam pulau Jawa, khususnya kawasan bentang alam karst Kendeng.

Lanjut Ucang, “Sungguh ironis, bahwa di satu pihak pemerintah Republik Indonesia menggembar-gemborkan itikad dan tindakan untuk ikut menjadi resolusi sejati dari krisis perubahan iklim dan hilangnya keragaman hayati, menegakan hukum dan melakukan pembangunan dari pinggiran.

Kematian Patmi, menjadi saksi bagi seluruh dunia, bahwa warga masyarakat Indonesia masih harus menyatakan sikapnya sendiri, karena tidak adanya pembelaan sama sekali dari unsur pemerintahan yang seharusnya mengurus nasib warga negaranya.

“Kami juga menyampaikan kepada kalangan berpendidikan tinggi yang justru memilih peran sebagai juru sesat untuk mengaburkan duduk perkara asalah yang tengah dilawan oleh warga Kendeng,” tandas Ucang. [*/luq]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here