Lulusan SMA Muhammdiyah 1 Kepanjen Diharapkan Bermanfaat dengan Karakter Keislaman

Inspirasicendekia.com, MALANG.KAB – Dua penari tradisional tampak anggun dan gemulai membawakan gerak tari di hadapan guru, siswa dan wali undangan kelas XII di gedung pertemuan milik SMA Muhammadiyah 1 di Kepanjen, Kabupaten Malang, Kamis (11/5) pagi. Penampilan mereka menjadi hiburan yang menyelingi rangkaian acara pelepasan siswa-siswi kelas XII hari itu.

SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen memang menggelar pelepasan siswa-siswi kelas XII sebanyak 40 siswa. Mereka adalah peserta didik program IPS dan IPA yang telah menempuh belajar tiga tahun di SMA Muhammadiyah yang berada di Jl KH Ahmad Dahlan No 33 Kepanjen ini.

Prosesi pelepasan siswa berjalan khitmad dengan didampingi oleh orang tua siswa siswi masing-masing. Terlebih, acara ini merupakan momen penting bagi para siswa-siswi XII setelah selama 3 tahun menempuh pendidikan formal dengan penuh perjuangan, dalam suka maupun duka, dan sampai akhirnya lulus.

Selain penampilan seni tari tradisional, suasana menjadi lebih meriah lagi dengan adanya beberapa rangkaian hiburan yang dipersembahkan oleh siswa-siswi kelas X dan XI, seperti pertunjukan seni bela diri dan musik akustik dan menyanyi dengan iringan electone.

Dalam pidato sambutannya, kepala SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen Hari Mulyadi SPd berharap, setelah lulus siswa-siswinya harus bisa berkiprah di bidang apapun itu, seperti halnya bidang keagamaan, kemasyarakatan, kepemudaan yang ada lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Ia berharap lulusan SMA Muhammadiyah 1 bisa mengambil peran aktif di dalam semuanya.

“Saya ucapkan terimah kasih kepada bapak ibu wali murid yang telah mempercayakan anak-anak sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen, dan saya yakin tidak salah memilih sekolah ini karena pendidikan karakter itu benar-benar ada dan menjadi keunggulan kami,” demikian Hari.

Menurutnya, pendidikan karakter ke-Islam-an di SMA Muhammadiyah 1 bahkan lebih baik kalau dibandingkan dengan sekolah sekolah yang lain. Pendidikan karakter ini diantaranya berupa pembiasaan salat berjamaah dan pendidikan ismuba (Islam-Kemuhammadiyahan-Bahasa Arab) yang mendapatkan alokasi jam pelajaran lebih banyak.

Dikatakan, selama tahun pelajaran 2016/2017 lalu, sejumlah prestasi gemilang juga diraih peserta didik SMA Muhammadiyah 1. Yakni, juara 1 olimpiade Biologi dan TI tingkat MKKS Kabupaten Malang, juara 3 futsal se Malang raya dan juara 2 lompat jauh mewakili tingkat provinsi Jawa Timur. Tahun 2016 lalu, SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen berhasil mempertahankan nilai Akreditasi A. [fan/min]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.