Beranda TAHUKAH ANDA Kuliner Gurita Hidup dan Testis Sapi, Berani Coba?

Kuliner Gurita Hidup dan Testis Sapi, Berani Coba?

395
0
BERBAGI
sup sarang burung

Bagi Anda yang suka melancong dan pecinta kuliner luar negeri, mungkin perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang aneh dan tidak asal coba. Bisa jadi Anda bahkan sudah pernah merasakan berbagai makanan ‘aneh’ dari penjuru dunia yang pernah dikunjungi.

Makanan Asia, seperti China, Thailand, Indonesia hingga Korea, serta makanan-makanan Barat bisa jadi begitu menggoda selera. Namun, bagaimana dengan makanan yang dimasak dari berbagai bahan dasar yang aneh dan terasa asing untuk dikonsumsi? Seperti laba-laba, sarang burung, katak hingga urin binatang.

Ya, meski aneh, namun inilah kenyataannya. Beberapa orang dari negara lain sengaja mengonsumsi makanan-makanan ini. Mereka bisa menikmati makanan asing ini, sedangkan bagi sebagian yang lain, ini akan terasa menjijikkan.

Sebagaimana dilansir Boldsky, terdapat beberapa jenis kuliner yang banyak jadi santapan unik di sejumlah negara. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti yang dirilis viva.co.id.

Sup darah beku. Makanan ini cukup dikenal sebagai Tiet Canh di Vietnam. Sup ini dibuat dari darah bebek beserta perut ayam dan isinya yang didinginkan. Beberapa tumbuhan dan kacang-kacangan juga ditambahkan ke dalamnya untuk meningkatkan rasa. Mereka mendinginkan darah sampai mengental beku dan berbentuk seperti agar.

Laba-laba goreng. Di Kamboja, mengkonsumsi laba-laba adalah hal yang umum. Laba-laba digoreng dalam minyak bawang putih untuk membuatnya beraroma sedap dan renyah. Laba-laba dianggap lezat dan bergizi. Tapi, hati-hati, laba-laba termasuk hewan venom, alias memiliki racun!

Sup sarang burung. Makanan aneh lain yang banyak dimakan adalah sup sarang burung. Di Cina dan Hong Kong, sup yang terbuat dari sarang burung dianggap sebagai makanan lezat. Banyak orang rela membayar lebih dari 100 dolar untuk membeli di restoran-restoran eksotis di negara-negara tersebut. Hal ini dianggap lezat dan bergizi karena air liur burung yang terkandung di dalamnya.

Durian. Durian memang populer dikonsumsi oleh orang-orang dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Namun bagi orang-orang dari negara lain, durian dianggap sebagai buah yang menakutkan karena aromanya yang cukup kuat dan menyengat. Buah ini telah dilarang di bandara, hotel dan tempat umum lainnya karena baunya. Ketika buah tersebut dipotong, baunya dianggap seperti aroma sepotong daging busuk, limbah mentah atau sepasang kaus kaki kotor. Baunya bisa membuat beberapa orang yang belum terbiasa menjadi kurang nyaman, merasa mual atau jijik dan ingin muntah.

Ikan beracun. Di Jepang, para koki diberikan kelas pelatihan khusus selama bertahun-tahun untuk bisa mengolah ikan beracun atau yang dikenal sebagai Fugu. Sebuah kesalahan kecil saja dalam mengolah ikan ini, dapat merugikan kehidupan orang lain. Jadi, para koki harus lulus tes untuk memenuhi syarat mempersiapkan hidangan tersebut. Ikan dinikmati dengan sedikit racun di dalamnya, karena memberikan sensasi kesemutan pada lidah dan bibir.

Gurita hidup. Di Korea Selatan, orang biasa menikmati bayi gurita hidup. Di sana hidangan ini dikenal sebagai Sannakji. Tetapi, Anda harus lebih berhati-hati saat memakannya karena penghisap gurita bisa terjebak menempel langit-langit mulut Anda. Ini adalah salah satu makanan paling aneh yang orang makan di bumi.

Testis sapi. Testis sapi jantan dianggap sebagai salah satu makanan terlezat di Kanada. Mereka menggorengnya di dalam minyak, menambahkan beberapa rempah-rempah dan memakannya dengan gembira.

Tidak salah mencoba kuliner aneh untuk memenuhi selera dan memanjakan lidah. Namun, masakan tidak lazim yang tak biasa ada Anda makan tentunya tetap harus dipertimbangkan. So, Anda mau mencobanya?

Pewarta: Diah Nur Robbaniah

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here