Beranda CITIZEN JOURNALISM Kopdarnas, Lahirkan Spirit Literasi Muhammadiyah untuk Peradaban Berkemajuan

Kopdarnas, Lahirkan Spirit Literasi Muhammadiyah untuk Peradaban Berkemajuan

75
0
BERBAGI

“Bacalah! Dengan nama Tuhanmu yang Maha Menciptakan.

Yang mengajari manusia apa-apa yang tidak diketahui…… ”

Lantunan makna terjemahan Qur’an Surat Al ‘Alaq ini dibawakan begitu menyentuh qalbu bak puisi. Terjemahan surat bermakna perintah membaca ini dibacakan Sri Lestari Linawati, pegiat Komunitas BirruNA Yogyakarta, mengawali acara pembukaan Seminar Nasional dan Kopdarnas Pegiat Literasi #1 “Gerakan Literasi untuk Bangsa Berkemajuan” yang digelar di Aula Gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat (8/12) siang.

Kopdarnas, Lahirkan Spirit Literasi Muhammadiyah untuk Peradaban BerkemajuanKetua panitia Seminar dan Kopdarnas Literasi mengawali sambutannya, bahwa gerakan literasi harus bisa membangun peradaban. Modalnya harus memiliki daya ekplorasi kuat terhadap ilmu dan pengetahun. Dikatakan, tulisan artikel disyaratkan sebagai sarana screening peserta Kopdarnas. Total jumlah peserta mencapai hampir 400 orang, sejumlah 250 orang diantaranya merupakan peserta kopdarnas pegiat literasi.

Prof Dadang Kahmad, ketua MPI PP Muhammadiyah menegaskan, Muhammadiyah sejak awal sejatinya sudah sangat kental dengan literasi. Ini setidaknya dibuktikan dengan keberadaan Suara Muhammadiyah sebagai majalah pertama yang kini berusia lebih dari 100 tahun.

Kopdarnas, Lahirkan Spirit Literasi Muhammadiyah untuk Peradaban Berkemajuan“Jaman Kyai Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah sudah mengedepankan tradisi literasi. Literasi Muhammadiyah harus bisa menjadi bagian spirit dari ta’muruna bil ma’ruf watanhauna ‘anil munkar,” tegas Prof Dadang Kahmad, dalam kesempatan membuka Seminar dan Kopdarnas Litetasi #1 di UMS, Jumat (8/12).

Acara seminar dan kopdarnas literasi ini digelar Jumat-Ahad, 8-10 Desember 2017. Selain dihadiri ketua PP Muhammadiyah yang membidangi MPl, seminar nasional ini juga menghadirkan Direksi PT POS Indonesia Ira Puspa Dewi, Kepala Perpusnas RI, M Syarif Bando dan Rektor UMS, Dr Sofyan Asnif. Dihadapan peserta, juga dilakukan seremoni penandangan MoU PP Muhammadiyah dengan Perpusnas RI yang mendukung penguatan literasi melalui aksi ‘Berkumpul,  Berbagi, dan Bergerak Bersama’. (amin)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here