Kesan Kebersamaan dalam Training Motivasi Pelajar SMAN 1 Turen

0 301

Inspirasicendekia.com, MALANG – Suasana di dalam gedung aula SMA Negeri 1 Turen yang semula penuh keceriaan seketika berubah lebih hening dan hidmat, Selasa (6/11) siang. Sesaat kemudian, keharuan dan tangis pun pecah mengisi ruangan aula sangat besar ini.

Ini terjadi setelah Dr Umi Dayati, MPd, memandu semua peserta yang ada dalam ruangan aula menyayikan lagu Endang Soekamti ‘Sampai Jumpa’. Bunda Umi Dayati sengaja hadir di tengah-tengah setidaknya 420 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Turen yang mengikuti acara Training Motivasi didampingi orang tua masing-masing.

Lagu ‘Sampai Jumpa’ itu benar-benar bisa menorehkan kesan mendalam bagi siswa/siswi. Tak ayal, mereka yang berada di aula menangis tak kuat menahan keharuan, mereka pun mendekati sesama teman, saling berpelukan dan meminta maaf, disaksikan seluruh wali murid yang ada.

Selama kegiatan berlangsung, semua mata memandang ke arah Bunda Umi. Aula menjadi ramai tatkala Bunda Umi memberikan nasihat pada wali murid, “jangan membanding-bandingkan anak dengan orang lain. Itu tidak disukai oleh anak.”

Tak hanya pada orang tua, beliau juga sempat berseloroh, “jangan beri anak-anak kita tugas yang banyak, Pak/Bu.”

Training motivasi kali ini sangat berbeda dengan training 2017 lalu. Jika biasanya Bunda Umi hanya membahas mengenai peran orang tua dalam kesuksesan anak menghadapi USBK-UNBK, kali ini dikolaborasi dengan mengeratkan persaudaraan semua kelas XII, baik prodi Bahasa, IIS maupun MIPA.

“Kami disitu itu kalut dalam suasana haru. Kita jadi ingat bahwa kebersamaan kita tinggal beberapa bulan lagi. Pokoknya tidak bisa diungkapkan, deh. Udah campur suasananya soalnya,” ucap Rary Kirana, kesan siswi XII Bahasa usai mengikuti Training kemarin. [rsj/min]

Jurnalis : Rahayu SJ (TJ-2)

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.